HomeInfo SehatGigi MulutDaun Sirih untuk Radang Gusi
Gigi Mulut

Daun Sirih untuk Radang Gusi

drg. Callista Argentina, 07 Jun 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Daun sirih telah dipercaya secara turun-temurun untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Namun, apa benar daun sirih bisa mengatasi radang gusi?

Daun Sirih untuk Radang Gusi

Daun sirih telah dipercaya secara turun-temurun untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari untuk mengurangi bau mulut hingga mengobati sakit gigi. 

Daun sirih segar mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, iodium, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, air, zat besi, kalsium, minyak atsiri, dll. 

Aroma yang khas akan terasa apabila daun ini diremas atau dikunyah. Ini dikarenakan adanya kandungan-kandungan di dalamnya. 

Lalu, apa benar jika daun sirih bisa digunakan untuk menangani radang gusi? Seberapa efektif penggunaan daun sirih untuk radang gusi

Artikel lainnya: Tak Disangka, Ini Manfaat Sirih untuk Gigi

Manfaat Daun Sirih untuk Radang Gusi

Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang bersifat antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada di dalam mulut.  

Sifat-sifat yang dimiliki daun sirih ini bisa bermanfaat untuk mengurangi radang gusi, di mana peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada dalam karang gigi.

Menurut sebuah penelitian, daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai daya antibakteri paling tinggi terhadap bakteri dalam rongga mulut, seperti Streptococcus viridans dan Staphylococcus aureus

Karenanya, menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung daun sirih dapat mencegah gigi berlubang.  Selain itu, daun sirih bisa membantu kesehatan kulit, menghilangkan bau mulut dan bau badan.

Artikel lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Radang Gusi

Terdapat berbagai macam cara pengolahan daun sirih. Guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal, berikut adalah tips menggunakan daun sirih untuk radang gusi:

1. Merebus Daun Sirih

Cara ini adalah yang paling murah dan mudah. Hasil rebusan tersebut bisa Anda gunakan untuk berkumur. 

Untuk mendapatkan rebusan daun sirih sebanyak 75 ml, dibutuhkan 10-15 gram daun sirih dan direbus dengan 100 ml air putih. 

Berkumur dengan rebusan air daun sirih ini dapat mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri. Dengan begitu, pembentukan karang gigi tidak terjadi dan peradangan gusi dapat dicegah.

Artikel lainnya: Berbagai Komplikasi Gingivitis yang Harus Anda Waspadai 

2. Menyikat Gigi dengan Pasta Gigi Mengandung Ekstrak Daun Sirih

Saat Anda menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung daun sirih, hal ini dapat menaikkan pH air liur sehingga menciptakan suasana basa. 

Perlu diketahui bahwa bakteri Streptococcus mutans yang berperan dalam pembentukan plak gigi tidak bisa hidup dalam kondisi basa. Nah, otomatis cara ini dapat mencegah karies dan gigi berlubang. 

Di samping itu, pasta gigi yang mengandung daun sirih sangat berguna untuk pasien dengan kebiasaan merokok serta bau mulut. Karena aroma dan rasa pedas dari daun sirih dapat mencegah bau mulut.

3. Berkumur dengan Larutan Kumur Mengandung Ekstrak Daun Sirih

Cara lain untuk mendapatkan manfaat daun sirih untuk radang gusi adalah dengan berkumur menggunakan larutan yang mengandung ekstrak daun sirih. 

Jika ingin hasilnya maksimal, gunakan larutan kumur ini sebanyak dua kali sehari. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi secara teratur. 

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun sirih untuk radang gusi. Namun, tidak disarankan untuk mengunyah langsung daun sirih karena efek samping dari getahnya dapat memicu kanker rongga mulut. 

Jadi, apabila ingin menggunakan daun sirih, maka lakukan dengan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai topik ini, jangan ragu konsultasi dengan dokter melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

GusiDaun Sirihradang gusi

Konsultasi Dokter Terkait