HomeIbu Dan anakKesehatan BayiSayang Dilewatkan, Ini Manfaat Biji Quinoa untuk Bayi
Kesehatan Bayi

Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Biji Quinoa untuk Bayi

Tri Yuniwati Lestari, 04 Jun 2021

Biji quinoa saat ini sedang populer sebagai pilihan makanan sehat, termasuk untuk bayi. Berikut manfaat biji quinoa untuk si kecil.

Sayang Dilewatkan, Ini Manfaat Biji Quinoa untuk Bayi

Orangtua tidak akan kehabisan akal untuk mencari pilihan makanan yang terbaik untuk si kecil. Salah satu makanan sehat yang sedang banyak digandrungi oleh para ibu saat ini adalah biji quinoa.  

Meskipun masih asing di telinga, biji quinoa dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Lantas, apa saja manfaat quinoa untuk bayi? Berikut penjelasan dari dokter.

 

Nutrisi Biji Quinoa

Quinoa adalah tanaman berbunga yang masuk ke dalam keluarga bayam. Tanaman biji-bijian ini berasal dari wilayah Andes di barat laut Amerika Selatan.

Banyak orang Amerika yang sudah mulai mengganti beras biasa dengan biji quinoa. Dan, sama seperti beras, biji yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa ini memiliki tiga tipe, yaitu putih, merah, dan hitam.

Berkat kandungan protein, vitamin, dan mineralnya, biji quinoa punya banyak manfaat kesehatan jika diberikan kepada bayi.

Superfood ini juga memiliki antioksidan dan kandungan serat dalam jumlah yang cukup untuk menghindarkan si kecil dari sembelit

Dinukil dari Healthline, selain serat dan magnesium, biji quinoa juga kaya akan vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin D, vitamin E, sedikit asam lemak omega-3, dan berbagai antioksidan.

Artikel lainnya: Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Bayi

Manfaat Biji Quinoa untuk Bayi

Jangan heran kalau sederet nutrisi di atas membawa potensi manfaat biji quinoa untuk bayi, yaitu:

1. Membantu Pertumbuhan Tulang

Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang anak. Nah, biji quinoa memiliki sejumlah besar kandungan kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang bayi. 

Biasanya orangtua memberikan susu dan keju untuk mencukupi kebutuhan kalsium anak. Namun, bagi anak yang memiliki alergi susu dan produk turunannya, biji quinoa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencukupi nutrisi kalsium anak.

2. Penguat Sistem Kekebalan

Biji quinoa adalah protein nabati dengan sumber asam amino esensial terbaik. Tubuh manusia sendiri tidak dapat memproduksi asam amino sehingga membutuhkannya dari makanan.

Melansir dari Healthline, biji quinoa memiliki asam amino esensial yang lebih banyak dan lebih baik daripada kebanyakan biji-bijian. Di dalam 185 gram biji quinoa mengandung sekitar 8 gram asam amino esensial.

Asam amino esensial dapat membantu anak terhindar dari infeksi atau penyebaran penyakit sehari-hari seperti flu.

Artikel lainnya: Manfaat Kencur untuk Obati Batuk Bayi

3. Membantu Melawan Radikal Bebas

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, biji quinoa mengandung antioksidan yang tinggi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Radikal bebas dari kontaminasi udara atau kualitas makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada kulit dan sistem kekebalan anak. 

4. Mencegah Obesitas

Manfaat biji quinoa selanjutnya adalah mencegah obesitas. Makan biji quinoa secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko obesitas pada anak-anak. Sumber serat alami ini bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan lemak di tubuh si kecil.

Biji quinoa adalah biji-bijian yang mengandung semua nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan anak. Kandungan seratnya yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

5. Baik untuk Otak Anak

Jumlah magnesium, zat besi, dan asam folat yang terkandung dalam satu porsi quinoa bermanfaat untuk memperkuat otot dan jaringan saraf.

Mineral tersebut juga baik untuk meningkatkan energi di otak anak, sekaligus merangsang cara berpikir dan konsentrasi pada anak.

6. Membantu Anak Aktif

Biji quinoa kaya akan vitamin A, D, E, dan mikronutrien lain yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan anak.

Artikel lainnya: Sumber Protein Terbaik untuk Vegetarian

Mikronutrien ini juga baik untuk mendongkrak nafsu makan, daya ingat, dan juga pemikiran yang cepat.

7. Merangsang Pertumbuhan Anak

Meski kecil, biji quinoa mengandung lebih banyak kalsium daripada nasi. Bahan pangan ini juga merupakan alternatif bebas gluten yang membantu perkembangan sel dan tulang anak-anak. 

8. Dukung Pencernaan

Proses pencernaan anak-anak jauh lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Kandungan air dan serat yang tinggi di biji quinoa dapat membantu proses pencernaan anak yang lebih baik.

“Biji quinoa juga mengandung protein, jadi baik untuk perkembangan sel-sel baru di dalam tubuh anak. Bahan ini juga bebas gluten dan tinggi serat juga yang baik untuk pencernaan,” jelas dr. Dyah Novita.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memberikan Biji Quinoa pada Anak 

Dokter Dyah Novita menyarankan untuk memberikan asupan biji quinoa untuk MPASI bayi selepas usia 8 bulan. Jika Anda ingin memberikannya sebelum usia tersebut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, agar manfaat quinoa lebih maksimal, Anda perlu memperhatikan penyajian biji quinoa untuk bayi. Pasalnya, quinoa memiliki saponin yang membuatnya cukup pahit. 

Oleh sebab itu, Anda perlu mencuci biji quinoa dengan air mengalir dan rendam sebelum digunakan untuk makanan bayi. Pencucian yang benar akan membantu menghilangkan semua rasa pahit.

Sama seperti biji-bijian lainnya, biji quinoa juga bisa memberikan efek alergi pada anak. Jika terjadi alergi, segera hentikan konsumsi dan konsultasikan dengan dokter.

Manfaatkan layanan Live Chat 24 dari aplikasi KlikDokter untuk bertanya langsung dengan dokter seputar fungsi biji quinoa dan nutrisi anak lainnya.

[HNS/JKT]

Artikel Terkait

Lihat Semua
Manfaat Telur Puyuh untuk Menu MPASI

Manfaat Telur Puyuh untuk Menu MPASI

Kesehatan Bayi14 Agu 2022

Jangan ragu memberikan MPASI telur puyuh untuk bayi. Sebab, ada banyak manfaat telur puyuh untuk bayi. Yuk, simak di sini.

Waspadai Bila Testis Bayi Tidak Turun

Waspadai Bila Testis Bayi Tidak Turun

Kesehatan Bayi04 Agu 2022

Kondisi testis yang tidak turun pada bayi dikenal dengan istilah kriptorkismus. Hal ini tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi, sehingga kerap sulit untuk diidentifikasi.

Membersihkan Rambut Bayi, Kapan dan Bagaimana Caranya?

Membersihkan Rambut Bayi, Kapan dan Bagaimana Caranya?

Kesehatan Bayi02 Agu 2022

Membersihkan rambut bayi tidak boleh sembarangan. Bagaimana cara membersihkan rambut bayi yang tepat? Berikut adalah beberapa cara tepat membersihkan rambut bayi.

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert