Kesehatan Bayi

6 Manfaat Bernyanyi untuk Tumbuh Kembang Bayi

Siti Putri Nurmayani, 31 Okt 2023

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita

Mama sering bernyanyi untuk si kecil? Ternyata, kebiasaan baik ini dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi. Mari ketahui dampak baiknya di sini.

6 Manfaat Bernyanyi untuk Tumbuh Kembang Bayi

Kabar baik untuk Mama dan Papa yang sering bernyanyi untuk si kecil sebelum tidur. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, ternyata bisa memberikan manfaat untuk tumbuh kembang bayi, lho.

Selama beberapa bulan pertama setelah lahir, otak dapat memproses musik di area khusus. Ini bisa membantu bayi untuk semakin berkembang. Kira-kira, apa saja manfaat bernyanyi untuk bayi? Yuk, simak selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

1. Menenangkan Bayi

Manfaat menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi ternyata bisa membantunya agar lebih tenang. Lagu dengan nada yang menenangkan dapat membuat si kecil tertidur. 

Tak heran, banyak lagu anak-anak yang sering dinyanyikan orang tua sebelum anak tidur. Ketika bayi tertidur dengan tenang, ini tentu dapat membantunya untuk merasa bahagia dan lebih aktif.

2. Memperkuat Ikatan Anak dan Orang Tua

Ternyata, manfaat menyanyikan lagu untuk bayi juga dapat memperkuat ikatan anak dan orang tua. Bernyanyi untuk anak sebelum tidur secara rutin, terutama jika orang tua membuat lagu sendiri, ini akan membantu Mama dan Papa lebih dekat dengan bayi.

Akan lebih baik lagi jika Mama dan Papa sering bernyanyi saat bayi masih berada dalam kandungan. Ini dapat membantu membiasakan si kecil mengenal melodi, sehingga orang tua tidak akan kesulitan membiasakan diri untuk bernyanyi.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat bernyanyi bagi anak juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitifnya. Hal ini juga disetujui oleh dr. Dyah Novita Anggraini. Menurutnya, “Repetisi lirik akan membantu meningkatkan perkembangan kognitif,”.

Tak hanya itu, manfaat bernyanyi untuk otak juga dapat meningkatkan keterampilan mendengar.

Artikel Lainnya: Panduan Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-12 Bulan

4. Mengembangkan Kemampuan Bahasa

Kabar baiknya, manfaat mendengarkan lagu untuk perkembangan anak adalah dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, bahkan mungkin juga bisa memicunya untuk berbicara lebih awal.

Secara tidak langsung, bernyanyi dapat membantu bayi untuk mendengarkan dan mempelajari berbagai bahasa dan kosakata.

5. Meningkatkan Kesehatan

Siapa sangka bahwa lagu dapat bermanfaat untuk perkembangan fisik dan perkembangan emosinya. 

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh American Academy of Pediatrics, irama dari nyanyian dapat membantu detak jantung bayi menjadi lebih teratur. Bahkan, ini juga membantu meningkatkan berat badan bayi prematur agar lebih sehat.

Artikel Lainnya: 9 Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya

6. Memahami Emosi

Nyanyian juga dapat membantu bayi dan balita untuk mempelajari kata-kata guna menggambarkan pengalaman emosional mereka.

Irama musik dapat membangkitkan perasaan si kecil. Bahkan, musik juga bisa menghibur si kecil sehingga lebih bahagia.

Ternyata, ada banyak manfaat bernyanyi untuk bayi. Oleh karena itu, Mama dan Papa bisa menerapkan kebiasaan bernyanyi pada si kecil. Selain bernyanyi, Dokter Vita juga menyarankan untuk membacakan cerita kepada anak.

Bila punya pertanyaan seputar tumbuh kembang si kecil, jangan sungkan untuk bertanya secara online ke dokter spesialis anak lewat layanan Tanya Dokter. Jika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan anak, yuk booking layanan kesehatan anak lewat aplikasi KlikDokter!

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait