HomeIbu Dan anakKesehatan AnakFakta di Balik Berat Badan Anak Susah Naik
Kesehatan Anak

Fakta di Balik Berat Badan Anak Susah Naik

dr. Ratih Puspita Sp.A, 27 Feb 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Berat badan anak susah naik. Inilah salah satu kasus yang sering dikeluhkan para orangtua di Indonesia. Sebenarnya, apa penyebabnya?

Fakta di Balik Berat Badan Anak Susah Naik

Berat badan masih dijadikan indikator suksesnya pertumbuhan anak oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, tak sedikit anak yang berat badannya susah naik, atau mandek di situ-situ saja.

Secara sederhana, kenaikan berat badan dapat terjadi jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh (input) lebih besar daripada jumlah kalori yang dikeluarkan (output). Artinya, jumlah asupan harus lebih banyak dibandingkan dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk fungsi metabolisme tubuh dan aktivitas anak sehari-hari.

Sebagian besar penyebab anak dengan berat badan kurang terletak pada input kalori, yaitu kurangnya asupan makanan. Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh anak setiap harinya bervariasi, sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Untuk mengetahui secara tepat, Anda dapat meminta bantuan dokter anak untuk menghitungnya.

Perlu diingat juga bahwa asupan makanan adalah tidak terbatas pada jumlah saja, tetapi juga kualitasnya. Artinya, asupan makanan untuk anak harus memiliki porsi gizi yang seimbang, yakni mengandung semua zat gizi makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan anak dalam jumlah besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan hanya dalam jumlah yang kecil, seperti vitamin dan mineral.

Selain masalah jumlah input, beberapa anak juga sulit mengalami kenaikan berat badan karena output yang meningkat. Kondisi ini terjadi pada anak dengan penyakit tertentu, seperti penyakit jantung bawaan, tuberkulosis paru, dan cacingan.

Jadi, apabila berat badan anak masih tidak naik meski asupan sudah sesuai, jangan ragu untuk membawa anak Anda ke dokter. Ini untuk mencari tahu apakah ada kondisi medis tertentu yang menyebabkan anak tidak dapat bertumbuh secara optimal.

(NB/ RH)

Berat BadanAnakberat badan anak

Konsultasi Dokter Terkait