HomeIbu Dan anakKehamilanMakan Durian Saat Hamil
Kehamilan

Makan Durian Saat Hamil

dr. Puti Naindra Alevia, 24 Des 2014

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Buah durian, buah berduri yang nikmatnya selangit. Namun, banyak orang yang mengatakan sebaiknya buah ini dihindari oleh ibu hamil.

Makan Durian Saat Hamil

Klikdokter.com - Buah durian, buah berduri yang nikmatnya selangit. Namun, banyak orang yang mengatakan sebaiknya buah ini dihindari oleh ibu hamil. Katanya dapat menyebabkan keguguran kandungan. Ada yang bilang makan buah ini membuat janin kepanasan. Namun, ada juga yang mendukung konsumsi durian selama kehamilan. Yang mana yang benar?

Namun pada kenyataannya, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang meneliti mengenai efek konsumsi buah durian pada Ibu hamil.

Namun demikian, buah durian banyak mengandung gas, glukosa, kolesterol dan alkohol. Dimana kandungan tersebut dapat membuat Ibu merasa kembung dan memicu kontraksi (terutama pada kehamilan trimester ketiga). Glukosa, kolesterol dan alkohol juga dapat berdampak buruk pada kesehatan (dapat memicu terjadinya diabetes atau gangguan kesehatan jantung). 

Kontrol Selama Masa Kehamilan

Namun, para ibu hamil penikmat durian tidak perlu khawatir. Kontrol teratur ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit diabetes dan yang lain saat hamil. Kuncinya adalah pembatasan jumlah durian yang dimakan. Batasi konsumsi antara 1 – 2 biji saja dan tidak boleh terlalu sering. Dengan demikian nikmat di lidah didapat, efek sampingnya tidak muncul. Hal ini juga berlaku untuk makanan-makanan lain.

 

DurianDuren

Konsultasi Dokter Terkait