HomeIbu Dan anakIbu Hamil Boleh Ikut Zumba?
Kehamilan

Ibu Hamil Boleh Ikut Zumba?

dr. Adeline Jaclyn, 15 Mar 2022

Mungkin banyak pertanyaan tentang manfaat senam zumba untuk ibu hamil. Sebenarnya bolehkah senam zumba saat hamil? Yuk, simak aturan amannya di sini.

Ibu Hamil Boleh Ikut Zumba?

Bosan mengikuti yoga, ada kalanya ibu hamil menginginkan olahraga yang lebih dinamis untuk meningkatkan semangat dan mood harian. 

Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah senam Zumba. Namun, apakah Zumba untuk ibu hamil boleh dan baik untuk dilakukan? 

Pada dasarnya, ibu hamil disarankan untuk tetap aktif berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh dan bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, Zumba sebenarnya tetap diperbolehkan dilakukan oleh ibu hamil. 

Meski begitu, ibu hamil tetap harus menghindari gerakan yang berpotensi sebabkan kelelahan, juga gerakan yang terlalu ekstrem. Lebih jauh tentang cara dan manfaat zumba untuk ibu hamil, cek ulasan berikut ini. 

Artikel Lainnya: Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Hamil Trimester Pertama

Manfaat Zumba untuk Ibu Hamil

Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh bumil ketika melakukan senam Zumba. Mulai dari menjaga berat badan hingga redakan nyeri. Berikut penjelasannya:

  • Melatih Otot Tubuh Secara Keseluruhan

Zumba dapat melatih otot tubuh secara keseluruhan, terutama otot punggung dan perut. Hal tersebut berkat gerakan Zumba yang mengharuskan seluruh anggota tubuh Anda bergerak.

  • Meningkatkan Keseimbangan 

Gerakan tarian cepat yang diaplikasikan di senam ini dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan postur tubuh bumil. Gerakannya yang enerjik juga mampu membuat Ibu menjadi lebih bebas, rileks, serta percaya diri. 

  • Membantu Mengontrol Berat Badan 

Zumba memang bisa membantu ibu hamil yang ingin mengontrol berat badannya. Sebab, satu jam melakukan Zumba dapat membakar setidaknya 500 kalori. 

Akan tetapi, tidak semua gerakan senam ini bisa dilakukan oleh bumil, sehingga kalori yang dibakar mungkin tidak sebanyak orang pada umumnya.

  • Mengurangi Nyeri 

Zumba membantu meningkatkan produksi hormon yang dapat mengurangi nyeri. Rutin melakukan senam ini pun kemudian akan membantu Ibu mengatasi nyeri saat proses persalinan. 

Artikel Lainnya: 6 Manfaat Sehat dari Olahraga saat Hamil 

Aturan Senam Zumba untuk Ibu hamil 

Untuk mendapatkan manfaat senam Zumba secara maksimal, ada beberapa aturan yang perlu dilakukan ibu hamil. Di antaranya:

1. Konsultasi Sebelum Melakukan 

Ketika akan melakukan olahraga, termasuk Zumba, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau instruktur terlebih dahulu. Ini penting, apalagi ketika Anda baru memulainya. 

Konsultasi juga memungkinkan instruktur untuk menyesuaikan modifikasi gerakan dan intensitas latihan. 

2. Pastikan Hidrasi Tetap Cukup 

Pastikan minum air yang cukup. Ingat juga untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar agar kulit dapat bernapas dengan mudah.

3. Jangan Memaksakan Diri 

Senam Zumba yang energik memang membuat orang yang melakukannya mudah terbawa suasana dan menjadi terlalu bersemangat. Namun bagi ibu hamil, cobalah untuk tidak terlalu terbawa oleh irama musik. 

Hindari pula untuk membebani diri. Jika sudah merasa sesak dan lelah, perlambat gerakan dan kurangi intensitasnya. 

4. Perhatikan Keseimbangan 

Kehamilan dapat mempengaruhi keseimbangan Anda. Hati-hatilah saat melakukan transisi, belokan, dan tikungan cepat agar tidak jatuh. 

5. Perhatikan Kondisi Kesehatan 

Selain mempraktikkan gerakan tergolong aman, ibu hamil harus memperhatikan kondisi tubuhnya terlebih dulu. Bila kondisi kehamilannya tidak ada masalah, sehat, dan tubuh ibu juga kuat, tak mengapa bila Anda ingin melakukan Zumba. 

Sebaiknya, senam zumba untuk ibu hamil juga tidak dilakukan lebih dari 2-3 kali dalam seminggu.

Artikel Lainnya: Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Trimester Akhir

6. Lakukan Gerakan Sederhana

Zumba memang olahraga yang aktif, tetapi tidak semua gerakannya dari awal sampai akhir itu heboh, kan? 

Jadi, jika ingin tetap mengikuti kelas, ibu hamil cukup mempraktikkan gerakan yang sederhana dan aman agar terhindar dari risiko terjatuh dan lain sebagainya. 

7. Kenakan Sepatu yang Nyaman

Seluruh peserta Zumba, termasuk ibu hamil, sebaiknya juga mengenakan sepatu olahraga agar tidak tergelincir. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya terkait sepatu khusus untuk olahraga ini. 

Zumba tidak diragukan lagi, adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga diri tetap bugar. Selain itu, mendengarkan musik juga membantu ibu hamil untuk relaksasi. 

Namun perlu diingat untuk melihat tanda-tanda tubuh, jangan terlalu dipaksa. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu terkait olahraga yang akan Anda lakukan, termasuk Zumba.

(PUT/AYU)

Artikel Terkait

Lihat Semua
Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 23 Minggu

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 23 Minggu

Kehamilan19 Agu 2022

Memasuki usia kehamilan 6 bulan, gerakan bayi terasa semakin kuat. Selengkapnya, simak informasi perkembangan janin minggu 23 di sini.

Alami Keringat Berlebih saat Hamil? Ini Penyebabnya

Alami Keringat Berlebih saat Hamil? Ini Penyebabnya

Kehamilan18 Agu 2022

Apakah ibu hamil sering merasakan panas dan keringat berlebihan? Hal tersebut bisa disebabkan beberapa kondisi. Simak penyebab keringat berlebih saat hamil beserta cara mengatasinya di sini.

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 17 Minggu

Tahap Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 17 Minggu

Kehamilan18 Agu 2022

Cari tahu di sini apa saja perkembangan yang terjadi pada janin 17 minggu dan cara menjaga kesehatan bumil di fase tersebut!

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert