Topik Utama

Tidur di Ruangan Gelap Lebih Dianjurkan

14405 views

dr. Dina Kusumawardhani

dr. Dina Kusumawardhani

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Tidak sedikit orang yang memiliki gangguan tidur (insomnia). Salah satu cara untuk medapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan tidur dalam ruangan yang gelap. Simak info medis dr. Dina Kusumawardhani berikut.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

Tidur di Ruangan Gelap Lebih DianjurkanKlikDokter.com - Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap manusia.

Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik walaupun sudah tidur cukup (7-8 jam/hari), bahkan banyak yang memiliki gangguan tidur (insomnia).

Salah satu cara untuk medapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan tidur dalam ruangan yang gelap.

Bagaimana bisa begitu?

Melatonin merupakan hormon yang memiliki peranan penting dalam mengontrol siklus sirkadian (siklus bangun-tidur) hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal di otak.

Produksi melatonin distimulasi oleh gelap dan ditekan oleh cahaya terang. Secara normal, otak akan memproduksi melatonin setiap hari dan puncaknya terjadi pada malam hari pukul 9 – 10 malam, inilah yang membuat Anda mengantuk. Produksi melatonin terjadi secara regular untuk membuat siklus tidur Anda teratur.

Cahaya yang terang tidak hanya akan menekan produksi melatonin tapi juga akan membuat otak Anda terus bekerja sehingga membuat Anda lebih sulit tertidur. Sumber cahaya yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari lampu ruangan, tapi juga termasuk cahaya televisi, layar komputer, handphone, bahkan jam digital. Tidur dalam kondisi terang dapat menekan kadar melatonin dalam darah sampai lebih dari 50%.

Berikutnya akan kami jelaskan manfaat tidur dalam ruangan gelap. Silakan klik next untuk melanjutkan.

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media