Topik Utama

Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit

29495 views

dr. Jessica Florencia

dr. Jessica Florencia

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang, disertai kesemutan atau sakit yang menjalar ke arah panggul, paha atau bahkan sampai jari-jari kaki? Waspadailah Hernia Nucleosus Pulposus atau secara umum dikenal saraf terjepit. Simak selengkapnya bersama dr. Jessica Florencia disini.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

hernia nucleus pulposusKlikdokter.com - Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang, disertai kesemutan atau sakit yang menjalar ke arah panggul, paha atau bahkan sampai jari-jari kaki?

Mungkin Anda mengalami HNP atau Hernia Nucleosus Pulposus atau seringkali secara awam disebut dengan saraf terjepit.

Hernia Nucleosus Pulposus adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang. (Baca: 14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah)

Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (di daerah pinggang) dan bagian servikal (daerah leher). (Baca: Cara Mengatasi Nyeri Pada Leher)

Beberapa gejala yang perlu diperhatikan secara seksama adalah: sebagai berikut

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media