Topik Utama

Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

104275 views

dr. Nadia Octavia

dr. Nadia Octavia

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Siklus menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Uniknya, setiap wanita memiliki rentang siklusnya masing-masing. Namun bagaimanakah siklus menstruasi yang normal? Simak selengkapnya bersama dr. Nadia Octavia disini.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

menstruasiKLIKDOKTER.COM - Siklus menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Setiap bulan, indung telur mengeluarkan telur yang disebut dengan ovulasi atau masa subur. Di saat yang bersamaan, perubahan hormonal juga menyiapkan rahim untuk kehamilan. Jika saat ovulasi telur tidak dibuahi, maka lapisan rahim akan meluruh keluar melalui vagina yang disebut dengan menstruasi.

 

Bagaimana siklus menstruasi yang normal?

Siklus menstruasi, yang dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya, tidak sama pada setiap wanita. Menstruasi akan berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus 21-35 hari. Dengan definisi yang lebih luas, menstruasi "normal" pada setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika dirasakan menstruasi Anda tidak seperti biasanya.

Apa saja yang perlu saya perhatikan pada menstruasi saya?

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media