Topik Utama

5 Alasan Untuk Sarapan

19413 views
Alasan-alasan seperti ?Saya tidak punya waktu di pagi hari? atau ?saya tidak dapat makan di pagi hari? tentu sering sekali dikeluhkan oleh seseorang, namun ternyata bila kita melewatkan sarapan pagi, banyak kerugian yang dapat muncul pada diri kita, yang dapat berpengaruh terhadap mood, berat badan dan kesehatan tubuh.


Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Alasan-alasan seperti “Saya tidak punya waktu di pagi hari” atau “saya tidak dapat makan di pagi hari” tentu sering sekali dikeluhkan oleh seseorang, namun ternyata bila kita melewatkan sarapan pagi, banyak kerugian yang dapat muncul pada diri kita, yang dapat berpengaruh terhadap mood, berat badan dan kesehatan tubuh.

Menurut suatu jurnal yang dipublikasikan dalam The National Weight Control Registry, sarapan pagi berpengaruh terhadap penurunan berat badan.

Dibawah ini terdapat beberapa alasan agar Anda rajin sarapan tiap harinya:

  1. Sarapan pagi dapat mengisi nutrisi di tubuh kita setelah beberapa jam tanpa makanan dalam tidur. Banyak studi yang berpendapat bahwa seseorang yang berangkat kerja tanpa sarapan pagi tidak dapat bekerja dengan baik, pada anak-anak pun terjadi hal serupa.

  2. Tanpa makanan, kadar gula darah dapat turun, yang membuat tubuh Anda menjadi lemas dan cemas dalam pekerjaan dapat menyebabkan susah dalam membuat keputusan dan cemas dalam bekerja.

  3. Melewati sarapan dapat memicu makan snack yang berat ataupun makan siang yang lebih besar kalorinya.

  4. Sarapan pagi dapat menyingkirkan beberapa penyakit seperti diabetes, dan kolesterol buruk.

  5. Keputusan untuk sarapan pagi dapat membuat hari menjadi lebih baik, dan dapat menjadi acuan dalam bertindak seharian.

Cobalah untuk sarapan setiap harinya. Isi dari sarapan pagi anda lebih baik jenis-jenis makanan yang mengandung banyak proteinseperti telur, susu low-fat dikombinasikan dengan makanan berkabohidrat seperti roti dan sereal serta makanan dengan sedikit lemak seperti kacang-kacangan atau buah alpukat.

Setelah membaca artikel  apakah ada pendapat? Ayo cobalah untuk selalu sarapan pagi kombinasikan makanan yang mengandung protein, kabohidrat dan lemak sehat dalam menu Anda. Jika ada pertanyaan mengenai topik terkait, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter Klikdokter.com.[](EA)

 

Tag: Diet OCD

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media