Health Topics

Waspada, Seks Pengaruhi Kesehatan Rongga Mulut!

381 views

dr. Irma Rismayanty

dr. Irma Rismayanty

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Siapa sangka, ternyata seks bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut! Simak di sini.


Seks Pengaruhi Kesehatan Rongga Mulut
Waspada, Seks Pengaruhi Kesehatan Rongga Mulut!

Seks merupakan salah satu kebutuhan bagi pasangan suami istri. Memang, kegiatan ini bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Namun di balik semua itu, ternyata seks juga bisa pengaruhi kesehatan gigi dan mulut, lho!

Seks dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Penyebabnya adalah kesalahan dalam melakukan posisi tertentu. Posisi yang dimaksud adalah oral seks.

Oral seks adalah salah satu variasi gerakan, yang biasanya dilakukan sebelum penetrasi. Gerakan ini dapat dilakukan dengan bantuan bibir, lidah maupun gigi. Biasanya dilakukan pada penis, vagina, klitoris atau anus.

Jadi bisa dikatakan kalau oral seks menyebabkan bertemunya bagian kelamin dengan rongga mulut secara langsung. Itulah sebabnya mengapa gerakan ini dapat menularkan infeksi virus herpes, hepatitis, sifilis, gonore, HPV, chlamydia, dan HIV.

Tak hanya itu, oral seks juga dapat menyebabkan kanker di orofaring –bagian dari saluran pencernaan dan saluran pernapasan yang ada di belakang mulut. Menurut The New England Journal of Medicine, seseorang memiliki risiko kanker yang meningkat jika dirinya melakukan oral seks pada 6 pasangan berbeda.

Risiko terjadinya kondisi di atas akan meningkat pula pada orang yang memberikan oral seks. Jadi bukan pada penerimanya. Apalagi jika orang yang memberikan oral seks tersebut memiliki luka di rongga mulutnya.

Namun jangan khawatir, kejadian di atas dapat dicegah dengan catatan:

  • Memastikan tubuh dalam keadaan bersih sebelum melakukan oral seks.
  • Usahakan untuk mandi terlebih dahulu, agar kuman di organ intim hilang.
  • Bersihkan organ intim Anda sebersih mungkin mengugnakan sabun.
  • Sebelum melakukan oral seks, gunakan kondom jika targetnya adalah penis, atau dam (kondom oral) jika targetnya adalah vagina/klitoris/anus.

Jadi, mulai saat ini Anda dan pasangan harus lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan seks. Dengan demikian, kehidupan seks maupun kehidupan berumah tangga Anda tetap terjaga kualitasnya.

(NB/RH)

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media