Health Topics

Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi Selama Sariawan

378 views

drg. Arni Maharani

drg. Arni Maharani

Redaksi Medis

Kedokteran Gigi

KlikDokter.com

Sariawan memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tetapi, Anda bisa mengurangi risiko seringnya terkena sariawan dengan menghindari jenis-jenis makanan tertentu.


Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi Selama SariawanSakit, perih, terganggu ketika makan, terganggu saat minum, sulit berbicara sampai sakit waktu tersenyum  merupakan kumpulan gangguan yang dirasakan bila seseorang mengalami sariawan.

Kondisi yang sering kita temukan sehari-hari ini merupakan suatu keadaan yang masih menjadi perdebatan dan belum bisa dipastikan penyebabnya, tapi ada hal-hal yang oleh para ahli dihubungkan dengan timbulnya sariawan.

Sampai saat ini juga belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkannya, di mana sariawan akan sembuh sendiri dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari. Walau begitu, Anda bisa mengurangi risiko seringnya terkena sariawan dengan menghindari jenis-jenis makanan tertentu. Yang juga penting untuk dilakukan adalah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi selama sariawan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sedang sariawan:

  • Pilihlah makanan dan minuman dengan suhu ruangan (jangan yang bersuhu tinggi atau panas). Selain itu, sebaiknya konsumsi makanan dengan tekstur yang lembut dan lembek selama sariawan.
  • Gunakan sedotan pada saat minum untuk menghindari kontak minuman dengan sariawan.
  • Hindari makanan yang dapat menimbulkan iritasi, seperti makanan pedas dan makanan yang asam.
  • Konsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi.
  • Untuk mempercepat penyembuhan, konsumsi juga makanan dengan kadar kalori yang tinggi.

Selain memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, Anda juga tidak boleh luput menjaga kebersihan gigi dan mulut selama sariawan. Terkadang, letak sariawan itu berada akan sangat mengganggu ketika menyikat gigi, tetapi hal tersebut tidak boleh menjadi alasan Anda melewatkan sikat gigi. Hindari pula penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol selama sariawan. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media