Health Topics

Mengapa Bisa Terjadi Kesemutan?

4408 views

dr. Citra Roseno

dr. Citra Roseno

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Gejala kesemutan sering terjadi pada bagian tubuh seperti kaki dan tangan, namun kerap kali kita hiraukan. Baca lebih dalam mengenai kondisi tersebut di sini.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

Mengapa Bisa Terjadi Kesemutan?KlikDokter.com - Sensasi kesemutan menandakan adanya iritasi pada saraf. Jika diibaratkan lalu lintas yang lancar, impuls listrik yang normal berjalan sepanjang persarafan dari tulang belakang dan anggota gerak. Kemudian diteruskan ke sumsum tulang belakang untuk diterjemahkan di otak. Apabila terdapat tekanan yang konstan pada salah satu bagian saraf, maka akan terjadi kemacetan lalu lintas impuls saraf, yang menghambat kerja sistem saraf normal untuk meneruskan impuls listrik dan menerjemahkannya menjadi sensasi sensoris.

Ketika terdapat area persarafan yang tertekan, maka arteri di sekitarnya juga terganggu. Arteri tersebut mengalirkan suplai darah yang mengandung oksigen dan glukosa untuk saraf. Apabila terjadi blokade, maka kemampuan saraf untuk mengirimkan sinyal ikut terganggu sehingga anggota gerak yang mengalami tekanan akan terasa lemah dan sulit digerakkan.

Ketika tekanan pada area tersebut disingkirkan, sel saraf akan kembali aktif dan mulai menerima impuls kembali. Sistem saraf cenderung menjadi hiperaktif karena fungsinya mulai kembali normal. Hal inilah yang mendasari sensasi kesemutan atau rasa seperti tertusuk jarum pada saraf anggota gerak yang tertekan. Ini merupakan fase sementara yang menandakan sistem saraf kembali aktif berfungsi.

Namun pada kasus tertentu, kesemutan dapat dirasakan terus-menerus dan berulang kali. Untuk hal ini, halaman berikutnya penjelasan selengkapnya:

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 2 Next »  

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media