Health Topics

Kreasi Menu Sarapan Sehat dan Praktis

242 views

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Anda tentu sudah mengetahui pentingnya sarapan untuk memulai hari. Tetapi bagaimana caranya mengatur agar menu sarapan yang sehat dan praktis?


Kreasi Menu Sarapan
Kreasi Menu Sarapan Sehat dan Praktis

Anda tentu sudah mengetahui pentingnya sarapan untuk memulai hari. Menyiapkan menu sarapan di pagi hari saat tubuh belum “panas” kadang membuat malas. Apalagi, karena tuntutan harus segera beraktivitas, kita merasa  harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan menu sarapan. Ini yang membuat banyak orang melewatkan sarapan. Namun, sarapan tidak selalu harus dengan menu yang melulu itu-itu saja.

Saat merencanakan menu sarapan, hal yang penting untuk diingat adalah pastikan terdapat kandungan protein dan serat masing-masing minimal 5 gram. Komposisi ini merupakan komposisi kunci yang dapat Anda peroleh dari berbagai sumber makanan. Anda tentu bisa mengombinasikan dengan komponen lain sebagai pelengkap.

Berikut beberapa contoh kombinasi menu sarapan yang dapat Anda coba:

  • Oatmeal buah

Oatmeal (1/2 cup) yang diseduh dengan susu skim atau susu rendah lemak (3/4 cup), dengan taburan buah kering (1/4 cup) atau buah segar (1/2 cup) dan kacang yang dicacah (1 sendok makan).

Dalam menu ini, oatmeal merupakan pengganti karbohidrat dan sumber serat. Susu dan kacang adalah sumber protein dan lemak, dan buah akan memberikan rasa manis alami sekaligus juga menjadi sumber serat.

  • Sandwich telur

Roti gandum panggang (2 lembar) isi telur orak arik (2 butir) yang diaduk dengan susu rendah lemak.

Saat memasak telur, gunakan margarin rendah lemak. Roti gandum akan menjadi pengganti karbohidrat dan sumber serat, sedangkan campuran susu dan telur sebagai sumber lemak dan protein. Anda bisa menambahkan irisan daging tipis tanpa lemak (cold cuts) atau dada ayam sebagai variasi.

  • Energy smoothie

Yogurt (1 cup) diblender dengan buah beku (1 cup) dan susu kedelai atau susu rendah lemak (1/2 cup).

Anda dapat menggunakan pisang sebagai pilihan buah beku untuk membuat smoothie lebih mengenyangkan. Sebagai variasi, Anda juga bisa menambahkan bubuk cokelat atau madu.

Beberapa menu tadi merupakan contoh bahwa menu sarapan tidak selalu harus membosankan dan terkesan berat seperti bubur, nasi, atau mie. Kreasikan menu sarapan dengan makanan kesukaan Anda untuk membuat saat sarapan menjadi lebih bersemangat dan berselera dengan tetap memasukkan komponen inti sarapan yang kini telah Anda ketahui.

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media