Health Topics

Inilah Alasan Mengapa Gigi Manusia Hanya Tumbuh Dua Kali

610 views

drg. Arni Maharani

drg. Arni Maharani

Redaksi Medis

Kedokteran Gigi

KlikDokter.com

Tahukah Anda bahwa gigi manusia hanya dapat tumbuh dua kali? Inilah alasan mengapa gigi manusia hanya tumbuh dua kali oleh drg. Arni Maharani.


Inilah Alasan Mengapa Gigi Manusia Hanya Tumbuh Dua KaliWalaupun kadang suka terabaikan, gigi adalah salah satu bagian dari tubuh yang harus selalu terjaga kesehatannya.

Hal tersebut dilakukan agar gigi bisa selamanya bertahan tanpa lubang dan kelainan yang terjadi di dalam mulut sehingga dapat menunjang kesehatan tubuh secara sempurna.

Ada 2 macam gigi pada manusia yang terdiri dari 2 periode pertumbuhan, yaitu gigi susu. Gigi susu ini yang pada saatnya nanti akan terlepas dan digantikan dengan kemunculan gigi tetap. Gigi susu akan tumbuh dalam mulut anak pada usia 4 bulan sampai 3 tahun.

Saat saat anak berusia 6 tahun, gigi susu akan mulai digantikan dengan gigi tetap, dan diakhiri dengan pertumbungan gigi tetap geraham paling belakang di usia 17-21 tahun.

Manusia, dan babi merupakan spesies yang mempunyai periode pergantian gigi hanya 2 kali, atau disebut dengan diphyodont. Berbeda dengan reptil, misalnya ular, yang mengalami perkembangan gigi secara berantai, atau polyphydont.

Terkait pergantian gigi yang hanya 2 kali ini, para ahli telah melakukan penelitian untuk mengetahui apa penyebab di balik hal ini.

Penelitian dilakukan pada hewan babi yang dianggap sesuai untuk menggambarkan kondisi dari manusia karena hewan tersebut memiliki gigi geligi yang berbentuk serupa dengan gigi geligi pada manusia.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa kemungkinan penyebab terjadinya pertumbuhan gigi yang hanya 2 kali adalah karena dental lamina, yang merupakan bagian yang bertanggung jawab dari pembentukan benih gigi, mengalami degradasi setelah proses inisiasi benih gigi tetap pada janin dalam masa kehamilan sehingga tidak terjadi lagi proses inisiasi untuk benih gigi selanjutnya.

Hilangnya sel-sel epitel yang berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan benih gigi dikaitkan dengan beberapa proses, yaitu apoptosis, migrasi sel dan transformasi epitel-mesenkim, yang menurut pendapat para ahli proses-proses tersebutlah yang menyebabkan hilangnya lamina pengganti untuk benih gigi berikutnya.

Namun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna membahas pemicu regresi pada dental lamina di spesies diphyodont agar komponen yang bertanggung jawab terhadap terjadinya degradasi lamina bisa dikendalikan sehingga akan memberikan peluang terjadinya pembentukan gigi pada periode berikutnya atau pembentukan gigi untuk menggantikan gigi yang hilang maupun rusak.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media