Health Topics

Ingin Sehat dan Bahagia dengan Cara Simpel? Lari Saja!

705 views

dr. Karin Wiradarma

dr. Karin Wiradarma

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Olahraga yang sederhana seperti berlari ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.


Ingin Sehat dan Bahagia dengan Cara Simpel? Lari Saja!KlikDokter.com - Lari adalah salah satu olahraga aerobik yang sangat populer, karena tidak memerlukan fasiltas dan sarana khusus. Anda dapat berlari di sekolah, kampus, atau kompleks rumah Anda. Yang Anda butuhkan pun hanya sepasang sepatu yang nyaman untuk berlari.

Para peneliti telah menemukan beberapa manfaat dari olahraga lari, yaitu:

Bahagia

Berbagai studi telah meneliti efek lari terhadap sisi psikologis manusia. Para peneliti mengungkapkan bahwa berlari selama 30 menit dapat serta merta memperbaiki mood seseorang. Penelitian pada tikus juga mendapati adanya efek antidepresan setelah berlari. Hasil ini didukung oleh penelitian lain pada manusia, yang menyatakan bahwa berlari selama 30 menit selama 3 minggu berturut-turut dapat mengurangi rasa gelisah dan depresi.

Ramping

Berlari dapat membakar kelebihan kalori di tubuh, yang jika dilakukan secara teratur dan berkesinambungan, akan memberikan hasil tubuh yang lebih ramping.

Tulang dan Sendi

Telah lama diketahui bahwa berlari dapat meningkatkan massa tulang. Menurut penelitian di Universitas Boston, lari juga dapat memperbaiki kesehatan sendi.

Pikiran

Tidak hanya baik bagi tubuh secara fisik, berlari ternyata juga dapat mempertajam pikiran, memperbaiki kemampuan otak, dan mencegah demensia, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Psychonomic Bulletin & Review.

Kanker

Berbagai studi epidemiologi memperlihatkan bahwa berlari secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker tertentu.

Usia

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang rutin berlari lima kali seminggu selama 30 menit memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak.

Untuk mendapatkan semua manfaat berlari tersebut, Anda harus rutin melakukan olahraga tersebut minimal dua kali seminggu, yang selanjutnya harus dinaikkan secara perlahan hingga lima kali seminggu.

Namun demikian, Anda tetap harus mengetahui batas tubuh Anda. Jika kemarin Anda berlari terlalu jauh atau merasa terlalu lelah, beristirahatlah sejenak untuk hari ini, atau kurangilah lama dan intensitas olahraga Anda.

Jangan sepelekan tungkai atau kaki yang sakit setelah Anda berlari. Rawatlah tungkai dan kaki Anda jika Anda cedera, dan jangan sungkan untuk mencari pertolongan medis jika upaya tersebut tidak berhasil.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media