Health Topics

Cara Alami Mengobati Sariawan

318 views

drg. Callista Argentina

drg. Callista Argentina

Redaksi Medis

Kedokteran Gigi

KlikDokter.com

Sariawan memang kecil tetapi efeknya bisa besar. Perih, makan jadi tidak enak, dan lain-lain. Untungnya, ada cara pengobatan yang alami dan aman.


Cara Alami Mengobati Sariawan
Cara Alami Mengobati Sariawan

Kecil dan mengganggu. Itulah kesan yang ditimbulkan sariawan. Apalagi jika tergigit saat sedang mengunyah. Sakitnya bisa menusuk sampai ke ubun-ubun.

Ada ulasan menarik tentang sariawan dalam Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, India. Sebanyak 40% orang yang sering sariawan ternyata memiliki bakat sariawan yang diturunkan dari keluarga mereka. Selain itu, faktor sistem imun tubuh dicurigai sebagai salah satu pemicu.

Namun, jangan khawatir. Kondisi ini bisa diobati dengan cara-cara yang alami dan aman. Berikut di antaranya:

  1. Garam dan Baking Soda

Campurkan 1 sendok teh garam dan ½ sendok teh baking soda ke dalam segelas air. Kumur selama 30 detik, lalu buang. Lakukan sebanyak 2-4 kali per hari. Air garam membantu menarik cairan ke dalam jaringan, sehingga sariawan dapat sembuh lebih cepat.

  1. Minyak Kelapa (Virgin Coconut Oil)

Berkumur dengan 1 sendok makan virgin coconut oil. Ulangi sebanyak 3 kali sehari. Virgin coconut oil dapat membantu mengurangi rasa perih akibat sariawan.

  1. Teh Kamomil

Berkumur dengan teh kamomil pekat 3-4 kali sehari, lalu tempelkan kantong teh bekas seduh pada sariawan. Zat asam tanin di dalam teh dapat meredakan nyeri sariawan—zat aktif ini juga terdapat di dalam obat sariawan berbentuk gel.

  1. Madu Manuka

Oleskan madu manuka di tempat sariawan. Pada sebuah studi kasus, kelompok yang dioleskan madu lebih cepat sembuh dibandingkan mereka yang menggunakan salep kortikosteroid dan obat sariawan yang dijual bebas.

  1. Ekstrak Aloe Vera

Berkumur dengan ekstrak aloe vera 1-3 sendok makan lalu telan. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

  1. Hydrogen Peroxide

Campurkan satu sendok teh hydrogen peroxide dengan dengan satu sendok teh air. Lalu oleskan pada sariawan dengan menggunakan cotton bud. Jangan sampai tertelan. Hydrogen peroxide bersifat antiseptik, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.

Dengan berbagai cara alami di atas, Anda tidak perlu susah-susah lagi mencari obat sariawan. Karena Anda tinggal membuatnya di dapur rumah Anda sendiri. Jika sariawan masih belum sembuh, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/RH]

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media