Health Topics

Anda Kurang Tidur? Jangan Menyetir Kendaraan Dulu!

3338 views

dr. Anita Amalia Sari

dr. Anita Amalia Sari

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Jika Anda kurang tidur, Anda akan menderita microsleep. Dimana Anda akan tertidur tiba-tiba selama 1 detik atau hingga 30 detik. Bayangkan jika microsleep terjadi ketika menyetir kendaraan.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

kurang, tidur, KlikDokter.com - Mungkin belum banyak yang mendengar mengenai microsleep. Fenomena microsleep adalah suatu keadaan dimana terjadi beberapa kali episode seseorang kehilangan atensi mendadak  yang terjadi akibat kurang tidur. Microsleep merupakan konsekuensi paling membahayakan dari insomnia.

Mengapa demikian? Karena sebagian besar orang yang mengalami microsleep tidak menyadarinya. Jika microsleep terjadi saat sedang menonton televisi tentunya tidak perlu khawatir. Bayangkan saja jika saat seseorang mengemudi kendaraan dan tertidur beberapa detik, hal tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan. Begitupula bila sedang mengoperasikan benda berat, tentu akan menjadi bencana.

Microsleep dapat terjadi mulai dari hitungan 1 detik hingga 30 detik. Ketika dalam keadaaan microsleep seseorang tidak dapat merespon informasi yang didapat dari luar. Beberapa serabut saraf di bagian otak pada seseorang yang mengalami kurang tidur dapat mendadak “off-line”, menjadi situasi seperti tidur namun bagian otak lainnya tetap terjaga.

Apa saja gejala microsleep? Halaman berikut penjelasannya:

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media