Health Topics

3 Kesalahan Sering Dilakukan saat Makan Buah

206 views

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Memasukkan buah sebagai menu harian sangat dianjurkan dari segi kesehatan. Tapi jangan sia-siakan konsumsi buah Anda dengan berbagai kesalahan ini!


Kesalahan Saat Makan Buah
3 Kesalahan Sering Dilakukan saat Makan Buah

Menambahkan buah dalam menu harian sangat dianjurkan oleh dokter. Ini karena buah mengandung gizi yang sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Namun, apakah Anda sudah mengonsumsi buah dengan baik dan benar?

Berikut 3 kesalahan yang sering dilakukan saat makan buah, dan solusi untuk mengatasinya:

  1. Hanya menyaring airnya

Selain vitamin dan mineral, serat adalah komponen buah yang tidak kalah pentingnya. Saat Anda memproses dan mengonsumsi air jus buah tanpa ampasnya, maka Anda baru saja kehilangan kesempatan untuk memaksimalkan kandungan serat dari buah tersebut.

Tentu saja kami yak melarang Anda menggunakan juicer. Tapi jika Anda menggunakan alat yang memisahkan ampas dengan airnya, jangan lupa untuk mengambil ampas dari filternya. Ambil secukupnya saja.

  1. Terlalu banyak

Beberapa metode diet menyarankan seseorang untuk makan buah dan sayur sebanyak-banyaknya. Tahukah Anda bahwa tindakan ini tidak sepenuhnya benar?

Anda memang bisa mengonsumsi sayuran hijau sebanyak-banyaknya. Namun tidak demikian untuk buah-buahan.

Buah mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi, sehingga konsumsi yang terlalu banyak akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Ini akan berakibat pada berat badan yang meningkat.

Konsumsi buah yang dianjurkan bergantung pada usia dan kebugaran tubuh. Namun pada usia dewasa, Anda dianjurkan untuk mengonumsi sekitar 2 mangkuk –yang kira-kira setara dengan 1 buah apel kecil atau 1 buah pisang yang besar– dalam sehari.

  1. Menunda

Mitos mengatakan bahwa jika buah dimakan bersamaan dengan makanan lain, maka buah tidak akan dicerna dengan baik sehingga akan membusuk di dalam perut. Ini tidak benar.

Saluran pencernaan manusia memiliki fungsi untuk mencerna berbagai komponen makanan berbeda secara bersamaan. Konsumsi buah saat perut sedang kosong dapat membantu menunda lapar atau mengurangi porsi makan berat. Jika dikonsumsi berdekatan atau bahkan bersamaan pun tidak akan menjadi masalah.

Buah memang enak dan baik untuk kesehatan. Namun Anda jangan sampai salah ketika mengonsumsinya, ya. Dengan begitu, manfaat sehat buah akan dapat Anda rasakan secara maksimal.

(NB/RH)

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media