Health Topics

3 Jenis Gangguan Tidur dan Solusinya

455 views

dr. Alvin Nursalim

dr. Alvin Nursalim

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Gangguan tidur yang dapat terjadi pada diri Anda memiliki jenis dan solusi yang berbeda. Berikut 3 jenis gangguan tidur dan solusinya oleh dr. Alvin Nursalim.


3 Jenis Gangguan Tidur dan SolusinyaPernahkah Anda merasa bahwa Anda sudah tidur dengan waktu yang cukup, namun masih mengantuk di saat Anda melakukan aktivitas? Bisa jadi, rasa kantuk yang Anda rasakan bukan karena kurangnya waktu tidur Anda, namun karena kurangnya kualitas tidur Anda.

Berikut 3 jenis gangguan tidur dan solusi yang dapat Anda lakukan:

1. Obstructive Sleep Apneu

Obstructive Sleep Apneu (OSA) adalah sebuah keadaan di mana otot pernafasan bagian atas menjadi lemas dan menutup saluran pernafasan saat tidur. OSA dapat terjadi pada siapa saja, namun berbagai faktor risiko menyebabkan seseorang lebih rentan untuk menderita OSA.

Keluhan OSA lebih umum terjadi pada pria dan orang dengan berat badan berlebih. Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah adanya peningkatan risiko penderita OSA untuk menderita berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Terdapat beberapa pilihan terapi OSA yang dapat dipertimbangkan. Salah satunya adalah penggunaan masker oksigen bertekanan khusus untuk menjaga tekanan saluran pernafasan.

2. Parasomnia

Parasomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan adanya gerakan saat seorang tertidur. Beberapa jenis gangguan tidur yang dapat terjadi, antara lain gangguan teror malam (night terror) dan gangguan tidur sambil berjalan (somnambulisme).

Pada keadaan night terror seorang anak biasanya akan berteriak, dan merasa cemas yang berlebihan. Night terror ini akan berlangsung selama 1 sampai 10 menit. Sedangkan pada somnabulisme, seseorang akan melakukan gerakan berjalan saat ia tertidur.

Banyak individu yang mengalami parasomnia akan memperoleh perbaikan gejala dengan mengubah pola tidur mereka. Pola tidur yang sehat meliputi membiasakan diri untuk memiliki jadwal tidur yang teratur, menangani stres dengan baik, memiliki waktu relaksasi, dan memperoleh waktu tidur yang cukup.

3. Insomnia

Insomnia adalah kesulitan untuk tertidur atau sulit untuk mempertahankan keadaan tidur. Seseorang dengan insomnia cenderung terjaga dan tidak bisa masuk ke dalam fase tidur.

Beberapa faktor yang berperan dalam insomnia adalah keadaan stres, lingkungan yang tidak mendukung, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu Anda tertidur, misalnya tidur pada jam yang sama setiap harinya, matikan lampu kamar Anda, dan hindari minum kopi saat menjelang tidur.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media