Health Topics

10 Kota Tersehat di Dunia

1143 views

dr. Fiona Amelia, MPH

dr. Fiona Amelia, MPH

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Kesehatan memang dipengaruhi oleh cara dan gaya hidup seseorang. Namun ternyata, tempat tinggal dan lingkungan sekitar juga sangat menentukan kualitas hidup dan kesehatan.


  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  
10 Kota Tersehat di Dunia
10 Kota Tersehat di Dunia

Apa yang membuat suatu kota disebut sehat? Banyak faktor yang menentukan, seperti memiliki transportasi umum dan ruang terbuka hijau yang memadai, penyediaan layanan kesehatan dan sarana pendidikan yang layak, berkualitas tinggi serta terjangkau. Selain itu juga perlu adanya upaya pencegahan penyakit dan pengurangan pencemaran lingkungan,

Kota yang sehat akan membuat penduduknya dapat menjalani gaya hidup sehat sehingga kualitas hidupnya baik secara fisik, mental, dan sosial. Berikut ini adalah sepuluh kota yang dianggap tersehat di dunia:

#10. New York, Amerika Serikat

New York sekilas tidak tampak seperti kota yang sehat. Kota ini sangat ramai, padat penduduk, dan tidak jarang terjadi kemacetan. Sejak Michael Bloomberg menjabat sebagai walikota, kota ini menjadi sangat antirokok. Sejak tahun 2002, warga dilarang merokok di area publik; seperti taman kota, pantai, dan area pejalan kaki. Warga baru bisa membeli rokok bila sudah berusia 21 tahun. Pajak penjualan rokok pun dinaikkan. Kebijakan ini berhasil menurunkan jumlah perokok di New York hingga 28% dan menempatkannya menjadi kota percontohan untuk pengendalian tembakau.

#9. Havana, Kuba

Havana sepertinya tidak cocok menjadi kota tersehat di dunia. Sebab fakta bahwa sebagian besar penduduk Kuba miskin dan negara ini mengalami embargo perdagangan dari Amerika Serikat (AS) membuatnya jauh dari teknologi dan peralatan kesehatan terkini.

Kenyataannya, warga di Havana rata-rata dapat hidup hingga 79 tahun, sama seperti di AS. Angka kematian bayi lebih rendah dibandingkan AS. Biaya kesehatan per orang pun hanya 1/20-nya AS. Bagaimana ini bisa terjadi? Kuncinya adalah pencegahan! Angka partisipasi vaksin hampir 100%. Setiap komunitas memiliki akses dokter gratis di klinik yang berdekatan dengan tempat tinggal. Sistem rujukan mereka berjalan dengan baik, sehingga rumah sakit hanya melayani kasus yang benar-benar sulit. Pemerintah Havana juga mendukung pendidikan kesehatan dengan mengajarkan pertolongan pertama dan bantuan hidup dasar kepada anak-anak. Sekolah kedokteran pun dibuat gratis.

#8. Singapura

Ada yang mengatakan: “Kalau sakit, berobatlah ke Singapura.” Ya, Singapura memiliki pelayanan kesehatan yang termasuk paling efisien di dunia. Hampir 80% warganya menggunakan sistem kesehatan nasional. Biaya kesehatan dibuat sangat transparan dan pemerintah memegang kendali terhadap perusahaan asuransi swasta. Hal ini membuat biaya kesehatan Singapura sangat kecil dibandingkan kota-kota di negara maju lainnya.

Singapura juga merupakan salah satu kota terbersih di dunia dan memiliki transportasi publik yang sangat baik. Walaupun tidak luas, Singapura memiliki puluhan taman, kebun, dan jalur berbukit di sekitar pulau. Terdapat pula Park Connector Network, yaitu jalur sepanjang 200 km yang menghubungkan taman-taman kota dan ruang terbuka hijau bagi para pejalan kaki dan pesepeda. Tak heran, usia harapan hidup warganya merupakan yang ke-3 tertinggi di dunia, yaitu 84,95 tahun.

  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev   1 dari 3 Next »  

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media