Berita Terkini

Warga Indonesia Menjadi Manusia Tertua di Dunia

423 views

dr. Mochammad Fadjar Wibowo, M.Med.Sc

dr. Mochammad Fadjar Wibowo, M.Med.Sc

Redaksi Medis

Pemimpin Redaksi

KlikDokter.com

Beberapa waktu yang lalu, Mbah Gotho, seorang pria asal Sragen marak menjadi bahan pemberitaan hingga mancanegara sebagai manusia tertua di dunia. Benarkah hal ini? Seberapa tua seseorang dapat hidup?


Warga Indonesia Menjadi Manusia Tertua di Dunia
Warga Indonesia Menjadi Manusia Tertua di Dunia

Warga Indonesia Dilaporkan Menjadi Manusia Tertua

Sempat muncul klaim bahwa Mbah Gotho adalah manusia tertua di dunia yang masih hidup saat ini dengan usia 145 tahun. Sebagaimana usia yang tercantum pada KTP yang dimiliki Mbah Gotho, ia lahir pada 31 Desember 1870.

Sepuluh saudara kandung dan empat istri Mbah Gotho dilaporkan telah meninggal, yang terakhir di antaranya meninggal pada tahun 1988. Begitu juga dengan semua anak-anaknya. Di antara keluarganya yang masih hidup adalah cucu, cicit, dan canggah yang hidup terpisah.

"Apa yang saya inginkan adalah untuk mati. cucu-cucu saya semua independen, " ujar Mbah Gotho pada salah satu media nasional saat itu.

Menurut cucu Mbah Gotho, kakeknya telah mempersiapkan kematiannya sejak dia masih 122 tahun yakni pada tahun 1992, keluarga Mbah Gotho pun telah menyiapkan pemakaman untuknya dekat kuburan anak-anaknya.

Terlepas dari fenomenalnya kabar mengenai usia Mbah Gotho, usia resmi Mbah Gotho sejauh ini belum dapat diverifikasi secara independen. Dengan demikian Mbah Gotho akan bergabung dalam daftar orang dengan usia hidup tertua di dunia yang belum terverifikasi. Mereka diantaranya adalah James Olofintuyi, 171 tahun, dari Nigeria dan Dhaqabo Ebba, 163 tahun, dari Ethiopia.

Adapun rekor untuk orang tertua di dunia yang resmi tercatat dan telah diverifikasi kebenarannya hingga saat ini adalah 122 tahun dan menurut analisis yang diterbitkan dalam sebuah jurnal ilmiah, Nature, rekor ini akan sangat sulit dipecahkan. Pemegang rekor tersebut adalah Jeanne Calment, Perancis, yang hidup sampai berusia 122 tahun. Sejak kematiannya pada tahun 1997, belum ada yang memecahkan rekor nya.

Seberapa tua seseorang dapat hidup?

Dalam satu abad terakhir usia harapan hidup di banyak negara meningkat secara dramatis karena beberapa faktor. Perbaikan dalam perawatan medis, sanitasi, dan kondisi sosial ekonomi dunia secara umum adalah beberapa faktor di antaranya.

Dalam studi terbaru, para peneliti yang menganalisis data kematian dari seluruh dunia menemukan bahwa telah terjadi penurunan kematian pada kelompok-kelompok yang sebelumnya “menyumbangkan” kematian yang tinggi. Kelompok tersebut adalah anak-anak, ibu melahirkan dan lansia. Selain itu, kini semakin banyak orang yang hidup hingga lebih dari 100 tahun.

Berdasarkan perhitungan para peneliti, peluang seseorang dapat hidup mencapai usia 125 tahun pada tahun tertentu adalah kurang dari 1 berbanding 10.000. Sementara rentang kehidupan yang lebih mungkin untuk dicapai manusia yang hidup dengan sehat adalah 115 tahun.

Meski demikian beberapa pakar bidang penuaan mengatakan penelitian ini tidak turut memperhitungkan berbagai kemajuan teknologi yang terus ditemukan dalam beberapa waktu terakhir dalam rangka memperpanjang usia harapan hidup.

Kembali ke Mbah Gotho, mungkin memang terlalu mahal dan sulit untuk memverifikasi kebenaran usia Mbah Gotho. Namun, pesannya mengenai kehidupan patut kita jadikan pelajaran, “Jalani hidup dengan sabar”.

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media