Berita Terkini

Menghambat Gen Membantu Mengobati Kanker

1417 views
Sebuah gen yang selama ini menghambat aktivitas radioterapi untuk membunuh sel kanker telah dideteksi oleh peneliti di Inggris.


Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana

Klikdokter.com - Sebuah gen yang selama ini menghambat aktivitas radioterapi untuk membunuh sel kanker telah dideteksi oleh peneliti di Inggris. Tim peneliti menemukan bahwa apabila mereka menghambat gen POLG-yang memiliki peranan membantu mengatasi kerusakan DNA- radioterapi yang digunakan akan lebih efektif.

Diharapkan penemuan yang telah melewati identifikasi 200 jenis gen ini dapat mengarahkan ke obat-obatan baru yang membantu efektivitas radioterapi. Penelitian ini dipublikasikan di the journal Cancer Research. Banyak kasus keganasan diterapi dengan radioterapi sebagai salah satu bagian dari pengobatan mereka, yang diperkirakan berperan dalam sekitar 40% kasus eliminasi kanker.

Peneliti dari Universitas Oxford mengatakan bahwa respon tumor terhadap radioterapi berbeda-beda, namun penyebab dari perbedaan ini belum diketahui. Untuk menemukan target potensial yang akan meningkatkan kemampuan dari radioterapi, para peneliti memfokuskan diri pada gen yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan DNA.

Setelah meneliti gen POLQ, peneliti menemukan bahwa hambatan pada gen ini di beberapa jenis sel kanker di laboratorium, termasuk di antaranya adalah kanker pankreas dan kanker laring, menyebabkan sel tumor lebih rentan terhadap radioterapi.

Penelitian sebelumnya mendapatkan hasil bahwa gen POLQ tidak aktif pada jaringan sehat. Dengan melakukan penelitian yang sama pada jaringan sehat, para peneliti menemukan bahwa hambatan gen ini tidak mempengaruhi jaringan sehat terhadap efek radiasi.

Menghambat aktivitas gen ini dapat menghasilkan kematian sel tumor lebih banyak dengan terapi radioterapi. Tahapan berikutnya adalah menerjemahkan dan mengaplikasikan hasil penelitian ini ke dalam terapi yang dapat dipergunakan oleh manusia.[](TRH)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media