Berita Terkini

Masuki Stadium 4, Seberapa Parah Kondisi Jupe?

504 views

dr. Alvin Nursalim

dr. Alvin Nursalim

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Memasuki stadium 4, mampukah Jupe melawan kanker serviks yang menggerogoti dirinya?


Jupe Stadium 4
Masuki Stadium 4, Seberapa Parah Kondisi Jupe?

Jupe, panggilan akrab Julia Perez, terus berjuang melawan kanker serviks stadium 4 yang menggerogoti dirinya. Di balik itu semua, sebenarnya seberapa parah penyakit yang sedang dihadapi oleh Jupe saat ini?

Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang leher rahim –yang merupakan pintu masuk menuju rahim wanita. Salah satu penyebab seseorang bisa terserang kanker jenis ini adalah infeksi Human Papiloma Virus (HPV).

Pada tahap awal, kanker serviks bisa saja tidak menunjukkan gejala apa-apa. Namun pada tahap lebih lanjut, penderita penyakit ini akan menunjukkan berbagai gejala –seperti perdarahan vagina serta nyeri perut bagian bawah.

Pembagian Stadium Kanker Serviks

Bedasarkan derajat keparahan penyakit, kanker serviks dibagi menjadi empat stadium. Stadium-stadium itu sendiri menentukan jenis terapi yang akan diberikan kepada pasien.

Semakin tinggi stadium, penyakit bisa dikatakan semakin parah. Kondisi yang memengaruhi keparahan kanker serviks adalah perluasan tumor dan penyebaran tumor.

  • Kanker serviks stadium 0

Pada stadium ini, kanker hanya berada pada permukaan dari serviks tanpa bertumbuh ke jaringan yang lebih dalam.

  • Kanker serviks stadium 1

Pada stadium ini, kanker sudah tumbuh masuk ke dalam serviks. Namun, tidak menyebar keluar rahim.

  • Kanker serviks stadium 2

Stadium II menandakan bahwa kanker serviks sudah bertumbuh melewati serviks dan uterus. Namun kanker belum tumbuh ke vagina bagian bawah.

  • Kanker serviks stadium 3

Pada stadium III, kanker sudah menyebar ke bagian bawah dari vagina.

  • Kanker serviks stadium 4

Stadium IV adalah tahap paling akhir dari kanker serviks. Pada kondisi ini, kanker sudah menyebar ke organ sekitar –seperti rektum dan usus.

Umumnya, penyakit kanker membuat penderitanya jatuh dalam keadaan stres dan depresi. Namun hal ini tidak berlaku pada Jupe.

Sebab, dirinya tetap optimis dan penuh semangat dalam menjalani berbagai pengobatan kanker. Semangat inilah yang patut dijadikan contoh oleh semua penderita kanker.

Sikap Jupe yang tegar dan kuat dalam menghadapi kanker serviks stadium 4 patut diacungi jempol. Kita doakan, semoga Jupe tetap tegar, kuat dan bersemangat dalam menghadapi cobaan yang sedang menimpa dirinya saat ini. Semangat, Jupe!

 (NB/RH)

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media