Berita Terkini

6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Anda Simpan di Freezer

1086 views

dr. Nadia Octavia

dr. Nadia Octavia

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Membekukan makanan di freezer adalah soal kepraktisan. Kapan saja Anda ingin memasak, makanan siap diproses meski telah disimpan berhari-hari. Tapi jangan sampai Anda melupakan aturan kesehatannya!


6 Makanan yang Sebaiknya Tidak Anda Simpan di FreezerFreezer memang menghemat waktu, energi, dan uang. Apalagi untuk ibu-ibu yang bekerja, freezer bisa dikatakan sebagai penyelamat.

Sangat praktis. Namun Anda harus berhati-hati dalam menyimpan makanan tertentu di freezer, karena jika salah Anda malah akan merusak makanan tersebut. Berikut adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda simpan di freezer:

1. Sayuran tinggi air

Sayuran tinggi air dapat membeku dengan mudah, namun pembekuan ternyata dapat merusak dinding sel sayuran yang memberikan bentuk pada sayuran tersebut. Akibatnya jika dikeluarkan dari freezer, sayuran sudah tidak lagi layak dikonsumsi karena menjadi layu dan berbau. Contoh sayuran tinggi air di antaranya seledri, selada, dan timun.

2. Telur

Telur utuh yang masih berada di dalam cangkang akan pecah dan terbuka bila diletakkan di freezer, sehingga berpotensi memasukkan bakteri. Jika ingin menyimpan telur di freezer, sebaiknya buka dulu dari cangkangnya.

3. Kopi

Kopi yang belum terbuka bisa dimasukkan ke freezer hingga satu bulan lamanya. Namun setelah Anda membuka kemasannya, jangan sekali-kali meletakkannya kembali di freezer. Mendinginkan kembali biji kopi di freezer dapat menyebabkan kondensasi biji kopi serta menyerap segala bau-bauan tak sedap di freezer.

4. Produk olahan susu

Produk olahan susu seperti krim asam dan whipped cream dapat menjadi encer jika diletakkan di freezer.

5. Kentang

Kentang mentah akan berubah warna dan kehilangan teksturnya jika disimpan di freezer. Sedangkan kentang yang sudah diolah atau dimasak, bila disimpan di freezer akan menjadi berair dan berwarna pucat.

6. Emulsi

Emulsi yang dimaksud di sini adalah saus salad dan mayones. Jika disimpan di freezer, saus salad dan mayones akan menjadi berair dan terpisah.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media