HomeGaya hidupSeksMungkinkah Hamil Tanpa Penetrasi Hubungan Seksual?
Seks

Mungkinkah Hamil Tanpa Penetrasi Hubungan Seksual?

Endah Murniaseh, 17 Feb 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pada beberapa kasus, kehamilan dapat terjadi tanpa terjadinya penetrasi penis pada vagina. Ketahui informasi selengkapnya di sini.

Mungkinkah Hamil Tanpa Penetrasi Hubungan Seksual?

Kehamilan umumnya terjadi melalui penetrasi penis dan vagina saat berhubungan seksual. Air mani mengandung sperma yang keluar saat penis berejakulasi dapat masuk ke dalam rahim hingga menyebabkan pembuahan.

Pada beberapa kasus tertentu, wanita bisa hamil tanpa penetrasi atau berhubungan seksual. Berikut penjelasannya.

Kehamilan Tanpa Penetrasi

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, bisakah kehamilan terjadi tanpa berhubungan seksual? Jawabannya ya, wanita dapat hamil tanpa berhubungan intim. 

Melansir dari Verywell Family, hamil tanpa adanya penetrasi dikenal dengan istilah splash pregnancy. Kondisi ini terjadi tanpa harus melakukan hubungan seks melalui penetrasi penis ke dalam vagina.

Artikel Lainnya: Ejakulasi di Luar Vagina Tetap Berpotensi Hamil, Kok Bisa?

Wanita bisa hamil jika pria mengeluarkan cairan ejakulasi atau air mani di dekat lubang vagina. Air mani tersebut bisa masuk ke vulva atau area vagina dan menyebabkan kehamilan.

Salah satu aktivitas yang dapat menyebabkan hamil tanpa penetrasi seks adalah petting. Petting dilakukan pasangan dengan saling menggesekan alat kelamin hingga pria berejakulasi dan mengeluarkan air mani di bagian luar vagina.

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan menyampaikan hal senada. Menurutnya, kehamilan bisa terjadi selama sperma mampu masuk ke dalam dinding vagina.

Kendati demikian, kemungkinan hamil tanpa penetrasi penis dan vagina sangat kecil. Selain itu, menurut dr. Iqbal Ramadhan, penetrasi sperma tidak hanya terjadi melalui penis.

“Penetrasi sperma bisa masuk melalui jari, mulut, ataupun mainan, sehingga masuk ke dinding vagina dan sampai ke area rahim dan organ intim wanita,” jelasnya.

Artikel Lainnya: Medfact: Vagina Kemasukan Angin Bisa Bikin Wanita Hamil?

Hamil Tanpa Penetrasi Seks dengan Bantuan Medis

Kehamilan tanpa penetrasi atau hubungan seks juga dapat terjadi dengan prosedur medis seperti inseminasi buatan dan in vitro fertilization (IVF).

Inseminasi buatan merupakan proses mengumpulkan sel sperma. Kemudian sel sperma yang sudah steril akan dimasukkan ke dalam vagina ketika wanita sedang masa subur. Sperma akan bergerak menuju rahim untuk mewujudkan pembuahan.

Metode inseminasi buatan yang sering digunakan adalah intrauterine insemination (IUI). 

Prosedur IUI biasanya dilakukan dengan mengonsumsi obat kesuburan terlebih dahulu.

Semetara itu, IVF atau dikenal dengan nama prosedur bayi tabung, dilakukan dengan cara mengambil sel telur dan sel sperma terbaik.

Kemudian dokter akan mempertemukan kedua sel tersebut di laboratorium hingga membentuk embrio. Setelahnya, embrio akan ditransfer menuju rahim wanita supaya dapat berkembang membentuk janin.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan, tanyakan langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/JKT)

Referensi:

National Health Service. Diakses 2022. Can I get pregnant if I have sex without penetration?

Verywell Health. Diakses 2022. How to Get Pregnant Without Sexual Intercourse

WebMD. Diakses 2022. Infertility and Artificial Insemination

 

Ditinjau oleh dr. M. Iqbal Ramadhan

Hubungan seksKehamilanPenetrasi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter