HomeGaya hidupSeksManfaat Berhubungan Intim Pagi Hari, Benarkah Bikin Cepat Hamil?
Seks

Manfaat Berhubungan Intim Pagi Hari, Benarkah Bikin Cepat Hamil?

Tamara Anastasia, 13 Agu 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak yang bilang, salah satu manfaat berhubungan intim pagi hari adalah dapat mempercepat kehamilan. Apakah hal tersebut sesuai dengan fakta medis? Yuk, cari tahu!

Manfaat Berhubungan Intim Pagi Hari, Benarkah Bikin Cepat Hamil?

Hubungan seks adalah momen intim, yang biasanya dilakukan di malam hari agar bisa lebih ‘diresapi’. Namun, tak sedikit pula pasangan yang melakukannya di pagi hari. Hal ini biasanya dilakukan oleh pasangan suami istri yang sedang berjuang untuk memperoleh kehamilan.

Pasalnya, selain bisa menambah kenikmatan, berhubungan seks di pagi hari konon dapat meningkatkan peluang hamil.

Benarkah anggapan tersebut? Yuk, cari tahu fakta di balik anggapan tentang manfaat berhubungan intim pagi hari yang konon bisa meningkatkan peluang hamil!

Artikel Lainnya: Habis Suntik KB, Bolehkah Langsung Berhubungan Seks?

Berhubungan Seks Pagi Hari Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Dokter kandungan (Obgyn) dan ahli endokrinologi reproduksi di Neway Fertility, Dr. Daniel Kort, mengatakan bahwa seks di pagi hari mungkin bisa bermanfaat untuk siklus kesuburan. 

Pendapat tersebut berdasar pada temuan bahwa hormon seks pria berada pada tingkat tertinggi di pagi hari. Oleh karena itu, berhubungan seks di pagi hari dapat dilakukan dengan lebih bergairah sehingga turut meningkatkan peluang hamil.

Tak berhenti di situ, terdapat pula temuan yang mengatakan bahwa pria memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi di pagi hari. Temuan ini mengatakan, jumlah sperma pria di malam hari adalah sekitar 87 juta. Namun, saat pagi hari, jumlahnya bertambah menjadi 88 juta.

Lantas, apakah itu berarti bahwa berhubungan intim di pagi hari terbukti dapat meningkatkan peluang hamil?

“Beberapa jurnal memang menjelaskan bahwa kualitas sperma pria di pagi hari sangatlah baik. Tapi, hal tersebut tidak serta-merta demikian, karena turut ditentukan oleh pola hidup sehari-hari,” kata dr. Dyah Novita Anggraini. 

“Kalau pola hidupnya tidak sehat, maka seks di pagi hari tidak akan punya pengaruh apa-apa,” tegasnya.

Artikel Lainnya: Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Cara Meningkatkan Peluang Hamil yang Terbukti Efektif

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar dapat membuktikan kebenaran dari anggapan berhubungan pagi hari cepat hamil. Dengan kata lain, berhubungan seks di pagi hari tidak terbukti dapat meningkatkan peluang hamil.

Hingga saat ini, cara paling baik untuk meningkatkan peluang hamil adalah dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat
  • Memeriksakan diri dan pasangan ke dokter
  • Berhubungan seks saat masa subur
  • Menjaga berat badan agar tidak berlebihan (obesitas)

Baca selengkapnya mengenai cara meningkatkan peluang kehamilan di artikel berikut ini: Tips Cepat Hamil yang Terbukti Efektif.

Punya pertanyaan mengenai cara meningkatkan peluang hamil? Ingin tahu fakta di balik anggapan seputar kesehatan yang beredar di masyarakat? Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter melalui Tanya Dokter atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

KehamilanKesuburanSeks

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter