HomeGaya hidupSeksFakta Menarik Seputar Hubungan Intim Saat Haid
Seks

Fakta Menarik Seputar Hubungan Intim Saat Haid

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 20 Jul 2022

Dari kacamata medis, berhubungan seks saat haid bisa dibenarkan, tapi ada untung dan ruginya. Cari tahu fakta selengkapnya di sini!

Fakta Menarik Seputar Hubungan Intim Saat Haid

Berhubungan intim merupakan rutinitas yang tidak terlepas dari kehidupan suami istri. Namun ada kalanya, rutinitas tersebut terhalang ketika sang istri sedang ‘palang merah’ alias datang bulan. 

Ya, tak sedikit orang yang bertanya-tanya, apakah sebenarnya boleh berhubungan intim saat haid? Apalagi katanya hal tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit dan dampak buruk lainnya. 

Faktanya, di satu sisi ada manfaat yang bisa diperoleh dengan berhubungan intim saat haid. Namun, ada pula efek samping yang perlu diperhatikan. Mari baca penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Berhubungan Intim Saat Haid Memiliki Manfaat

Secara umum, kemungkinan manfaat berhubungan intim saat haid meliputi: 

1. Dapat Meredakan Nyeri atau Kram Haid

Bukannya tambah sakit, berhubungan intim saat haid justru dapat meredakannya. Menurut para ahli, seks saat haid bisa menjadi pereda nyeri haid alias dismenorea.

Tak hanya itu, aktivitas seksual yang dilakukan juga dapat meredakan kram otot saat menstruasi.

Kram menstruasi terjadi sebagai kontraksi rahim untuk melepaskan lapisannya. Nah, ketika kamu orgasme, otot-otot rahim juga ikut berkontraksi dan menghasilkan kelegaan dari kram. 

Seks juga memicu pelepasan senyawa kimia yang disebut endorfin. Hormon ini dapat membantumu merasa lebih, baik secara fisik maupun emosional.

Artikel Lainnya: Sederet Penyebab Kram Perut Setelah Berhubungan Intim

2. Lebih Terasa Menggairahkan

Haid menyebabkan gejolak hormon di dalam tubuh. Kondisi tersebut membuat sebagian wanita merasa lebih bergairah untuk melakukan hubungan seksual.

Tentu saja, hubungan seks yang dilakukan dengan lebih bergairah bisa meningkatkan peluang untuk orgasme dari kedua pihak, baik pria maupun wanita. 

Ini merupakan salah satu goals yang ingin kamu capai ketika berhubungan seks dengan pasangan, bukan?

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut para ahli, seks dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal tersebut juga diungkapkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di SAGE Journal

Menurut penelitian tersebut, seks bisa meningkatkan produksi imunoglobulin A (IgA). Ini adalah antibodi yang hidup di jaringan mukosa tubuh manusia.

4. Meredakan Sakit Kepala 

Berhubungan intim saat haid dapat membantu meredakan keluhan sakit kepala. Hal ini diungkapkan oleh penelitian dalam SAGE Journal.

Menurut penelitian, sebagian besar wanita biasanya akan mengalami sakit kepala atau migrain selama menstruasi. Inilah yang membuat mereka menghindari seks selama serangan.

Namun, sebagian dari mereka yang berhubungan saat mens mengatakan bahwa aktivitas ini bisa meredakan sakit kepala. 

Masih menurut penelitian yang sama, data menunjukkan bahwa aktivitas seksual dapat menghilangkan sebagian atau sepenuhnya keluhan sakit kepala pada kondisi migrain dan sakit kepala jenis cluster.

Artikel Lainnya: 8 Hal yang Bisa Terjadi pada Organ Intim Wanita Usai Berhubungan Seks

Efek Berbahaya Akibat Berhubungan Saat Haid

Meskipun memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, kamu juga harus mewaspadai bahaya berhubungan saat haid. 

Efek samping berhubungan intim saat haid adalah bisa menjadi media penularan infeksi, seperti penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih.

Saat menstruasi, organ ini dalam kondisi berdarah sehingga akan lebih lembap dan dipenuhi bakteri. Penis juga belum tentu sepenuhnya bersih atau bebas kuman. 

Akibatnya, infeksi menular seksual, HIV, atau hepatitis bisa saja terjadi. Virus ini hidup dalam darah dan dapat menyebar melalui kontak dengan darah menstruasi yang terinfeksi.

Cara mengurangi risiko efek samping tersebut adalah dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan.

Selain penularan penyakit, darah juga bisa mengenai kamu dan pasangan serta sprei yang digunakan, terutama bila darah menstruasi cukup deras.

Di samping mengotori tempat tidur, pendarahan bisa membuatmu merasa tidak percaya diri. Kecemasan karena takut akan membuat kekacauan dapat menghilangkan sebagian atau seluruh gairah dan kesenangan selama seks.

Berhubungan Intim Saat Menstruasi Bisa Sebabkan Kehamilan?

Datang bulan sering menjadi patokan seorang wanita sedang tidak hamil. Lalu, apakah berhubungan intim saat menstruasi bisa menyebabkan kehamilan?

Faktanya, melakukan hubungan intim saat haid tetap berpotensi menyebabkan kehamilan, lho!

Seks saat haid tetap punya peluang kehamilan, mengingat sperma bisa bertahan di tubuh wanita hingga 5 sampai 7 hari. Peluang kehamilan semakin tinggi jika aktivitas seksual dilakukan tanpa kontrasepsi.

Artikel Lainnya: Berhubungan Intim Saat Pakai IUD Sering Bikin Vagina Berdarah, Ini Sebabnya

Perhatikan Ini Jika Ingin Bercinta Saat Haid

Jika kamu berencana untuk berhubungan seks saat menstruasi, pastikan untuk melepas tampon terlebih dahulu, ya.

Jika tertinggal, tampon bisa terdorong begitu jauh ke dalam vagina. Akibatnya, tampon tersebut harus dikeluarkan dengan bantuan dari dokter.

Apabila memang ingin berhubungan intim saat haid tanpa khawatir, kamu dianjurkan untuk menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom. Bagi wanita, kondom khusus atau menstrual cup bisa digunakan.

Tujuan penggunaan alat kontrasepsi adalah untuk mengurangi darah yang mungkin berceceran serta melindungi gesekan penis secara langsung yang mungkin saja membawa bakteri atau virus.

Jika wanita tidak menggunakan menstrual cup atau kondom wanita, berarti pihak pria yang mesti menggunakan kondom.

Tidak berhenti di situ, kamu juga sebaiknya membersihkan diri dengan baik setelah berhubungan seks. Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat tidur dari bekas-bekas darah, cairan, atau kotoran lainnya, ya!

Apabila pasangan wanita sangat kesakitan dan tidak ingin bercinta saat haid, jangan dipaksakan. Ingat, pemaksaan tidak akan membuahkan hubungan seksual yang berkualitas!

Lebih baik konsultasikan hal tersebut kepada dokter guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Ingin berkonsultasi seputar kehidupan seksualmu? Tanya kepada dokter secara online lewat layanan Live Chat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu!

[WA]

Referensi:

SAGE Journal. The Impact of Sexual Activity on Idiopathic Headaches: An Observational Study. Diakses 2022.   

CDC. Reported STDs in the United States, 2019. Diakses 2022.   

The Journal of Headache and Pain. Treatment of Menstrual Migraine; Multidisciplinary or Mono-Disciplinary Approach. Diakses 2022.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua
Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Ereksi Klitoris

Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Ereksi Klitoris

Seks06 Agu 2022

Ereksi bukan hanya milik para pria. Ternyata, wanita juga bisa mengalami hal tersebut, biasanya disebut ereksi klitoris. Yuk, cari tahu lebih lanjut.

Kena Sifilis di Mulut, Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Kena Sifilis di Mulut, Kenali Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Seks04 Agu 2022

Organ tubuh yang dapat terkena sifilis ternyata bukan alat kelamin saja, tetapi bisa juga mulut. Nah, apa penyebab sifilis di mulut dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Kerang Laut Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Apa Benar?

Kerang Laut Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Apa Benar?

Seks03 Agu 2022

Kerang memang enak dan kaya manfaat. Bahkan katanya, makanan ini bisa menjadi penambah vitalitas pria dan libido wanita. Benarkah?

Aqua Panas Ujan
Pepsodent Sensitive Mineral Expert