Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Lemon untuk Mengatasi Radang Tenggorokan
Diet dan Nutrisi

Manfaat Lemon untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Zahra Aminati, 04 Jan 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Radang tenggorokan dinilai bisa diobati dengan air lemon. Ketahui kandungan lemon yang mampu mengatasi tenggorokan radang di sini.

Manfaat Lemon untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan menimbulkan berbagai gejala mengganggu dan bisa dialami baik orang dewasa maupun anak-anak. Nah, bahan alami seperti lemon dinilai ampuh untuk mengobati radang tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan lemon diketahui bisa dilakukan dengan mengonsumsi air dari buah tersebut.

Bagaimana khasiat lemon dalam mengatasi tenggorokan meradang? Simak selengkapnya berikut ini.

Manfaat Air Lemon untuk Mengobati Peradangan pada Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit tenggorokan, gatal, atau iritasi pada tenggorokan, sehingga mengakibatkan kesulitan menelan. 

Lantas, kandungan lemon apa yang mampu mengatasi tenggorokan meradang?

Dokter Reza Fahlevi menjawab, “Air lemon bisa mengatasi peradangan pada tenggorokan, karena di dalam lemon terkandung antioksidan dan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan merevitalisasi sel-sel saluran napas yang mengalami peradangan.”

Artikel lainnya Lemon Ternyata Berguna untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Menurut penelitian tahun 2019 berjudul “Beneficial Effects of Citrus Flavonoids on Cardiovascular and Metabolic Health”, lemon juga punya kandungan vitamin dan antioksidan kuat lainnya.

Senyawa tersebut dapat melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif yang merupakan penanda umum datangnya penyakit. 

Kemudian, melansir Healthline, mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah hingga 30 persen. Hal ini dapat membantu sistem imun melawan peradangan. 

Lemon pun bisa meningkatkan produksi air liur dan membantu menjaga selaput lendir tetap lembap. Namun, lemon tidak dianjurkan bagi kamu yang memiliki alergi pada buah citrus, seperti jeruk, lemon, dan sebagainya. Sebab, buah ini malah akan membuat tenggorokan semakin sakit serta memicu peradangan pada mulut dan bibir. 

Penting untuk mengetahui terlebih dahulu apakah kamu punya alergi buah citrus atau tidak, sebelum mengonsumsi air lemon sebagai obat radang tenggorokan alami. 

Artikel lainnya Benarkah Konsumsi Lemon Bisa Picu GERD?

Dosis Air Lemon yang Tepat untuk Atasi Radang Tenggorokan

9 Fakta Keren Lemon

Walaupun memiliki kandungan bermanfaat untuk mengobati radang tenggorokan, takaran konsumsi air lemon juga harus diperhatikan dengan baik. 

Dokter Reza mengungkapkan, “Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat memicu asam lambung.”

Asam sitrat yang terkandung di dalam buah lemon dapat menyebabkan mulas. Pasalnya, kandungan ini dapat meningkatkan produksi asam di perut. 

Oleh karena itu, air lemon dianjurkan dikonsumsi dalam keadaan perut sudah terisi makanan. 

Menurut dr. Reza, air lemon aman dikonsumsi asalkan dosisnya tidak berlebihan. “Konsumsi air lemon sekitar 1-2 gelas per hari, itu aman untuk atasi masalah peradangan pada tenggorokan,” jelasnya.

Kamu juga bisa mencampur air lemon hangat dengan madu untuk memaksimalkan manfaatnya ketika sakit radang tenggorokan. 

Jika tenggorokan masih mengalami peradangan, sebaiknya segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Gunakan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi kepada dokter dengan lebih cepat.

(FR/JKT)

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses 2021. Sore Throat.

Medical News Today. Diakses 2021. 15 natural remedies for a sore throat.

Oxidative Medicine and Cellular Longevity (2019). Diakses 2021. Beneficial Effects of Citrus Flavonoids on Cardiovascular and Metabolic Health.

Oxidative Medicine and Cellular Longevity (2015). Diakses Desember 2021. Influence of Vitamin C Supplementation on Oxidative Stress and Neutrophil Inflammatory Response in Acute and Regular Exercise.

Healthline. Diakses 2021. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body.

Health Grades. Diakses 2021. 8 Foods That Can Cause Heartburn.

Air lemonFaringitisRadang Tenggorokan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter