Diet dan Nutrisi

Dampak Buruk Mencampur Minuman Energi dengan Susu

dr. Atika, 29 Agu 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mencampur minuman energi dengan susu sudah jadi kebiasaan sebagian orang. Namun, hal ini ternyata berbahaya bagi kesehatan, lho! Simak di sini.

Dampak Buruk Mencampur Minuman Energi dengan Susu

Minuman berenergi telah lama dikenal dan banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Cara penyajiannya pun semakin bervariasi, misalnya dikombinasikan dengan bahan lain. Salah satunya adalah minuman energi campur susu.

Umumnya minuman energi mengandung kafein, taurin, vitamin, suplemen herbal, gula, maupun pemanis buatan. Minuman ini menjanjikan peningkatan stamina dan konsentrasi. Khasiat itu tak lepas dari kandungan kafein dan gula di dalamnya.

Lalu, apa efek mengonsumsi minuman energi dengan campuran susu? Adakah bahayanya untuk kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kelebihan Asupan Gula

Konsumsi minuman energi campur susu bisa berbahaya untuk kesehatan, karena terkait dengan asupan gula yang masuk ke tubuh. 

Jika susu yang manis dicampur dengan minuman energi, dikhawatirkan asupan gula jadi berlebihan.

Asupan gula yang berlebihan dapat menaikkan kadar glukosa darah. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini berpotensi memunculkan serangkaian penyakit, seperti obesitas dan diabetes. 

Terlebih, kafein memiliki sedikit efek peningkat kadar gula darah. Tentunya kondisi ini kurang ideal untuk menjaga kadar gula darah dalam batas normal.

Artikel Lainnya: Efektivitas Energy Drink untuk Bantu Jaga Kesehatan

2. Merusak Komponen Susu

Tahukah kamu bahwa minuman energi yang dicampur susu bisa merusak komponen dalam susu itu sendiri? Kerusakan ini disebabkan oleh asam pada minuman energi. 

Minuman energi memiliki kadar pH yang berkisar di angka 2,7–3. Artinya, minuman ini bersifat asam. Kasein atau komponen protein di dalam susu akan rusak oleh asam dari minuman energi, karena kasein dan asam tidak dapat berikatan. 

Akibatnya, kasein dan asam akan mengental dan membuat endapan pada dasar gelas. Kerusakan ini terjadi pada semua jenis susu. Baik susu formula, susu UHT, susu bubuk atau susu lainnya. 

3. Kerusakan Nutrisi pada Susu

Solusi Alergi Susu Sapi: Susu Kambing atau Susu Soya? (Oleksandra Naumenko/Shutterstock)

Ini masih terkait dengan poin nomor 2. Bila kerusakan komponen susu terjadi, tentu ada kemungkinan nutrisi dalam susu ikut rusak. 

Risiko lain adalah gangguan penyerapan nutrisi akibat perubahan bentuk yang telah terjadi. Hal ini tentu dapat merugikan, mengingat susu kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Susu mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Adanya karbohidrat, protein, dan lemak pada susu sesungguhnya sudah bermanfaat untuk menambah energi.

Artikel Lainnya: Lisin dalam Energy Drink, Ampuhkah Tingkatkan Energi?

Bagi kamu yang telanjur menyukai minuman berenergi, kamu perlu menyimak beberapa tips berikut agar lebih aman: 

  • Jangan Berlebihan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, minuman energi mengandung kafein di dalamnya. 

Efek samping kelebihan kafein, antara lain kecemasan, sulit tidur, berdebar-debar, serta tekanan darah meningkat. Hal ini bisa dihindari dengan tidak terlalu sering mengonsumsi minuman energi.

  • Awasi Kadar Gulamu

Setelah mengonsumsi minuman energi, ada baiknya kamu menghindari asupan tinggi gula sederhana lainnya. 

Gula sederhana atau gula simpleks adalah jenis karbohidrat yang cepat meningkatkan kadar gula darah. Kondisi tersebut kurang baik untuk kesehatan.

  • Tidak Sembarang Mencampur Minuman Energi

Kamu harus menghindari pencampuran minuman energi dengan aneka minuman, suplemen, maupun obat. 

Perubahan komponen minuman dan obat-obatan di dalamnya ditakutkan dapat memberikan efek yang tidak diharapkan pada tubuh.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi minuman energi campur susu. Meskipun dijual bebas, bukan berarti kamu dapat meminumnya begitu saja tanpa kehati-hatian. 

Apabila muncul efek tertentu usai mengonsumsi minuman energi, segeralah minta bantuan medis.

Kamu ingin berkonsultasi lebih dalam mengenai topik ini atau masalah kesehatan? Manfaatkan layanan Tanya Dokter untuk tanya online dengan dokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[RS]

susu
Minuman Energi