HomeGaya hidupDiet dan NutrisiDaftar Buah yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan
Diet dan Nutrisi

Daftar Buah yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan

dr. Nadia Octavia, 30 Mei 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Terdapat beberapa buah untuk menambah berat badan yang bisa kamu coba, seperti pisang, alpukat, kelapa, dan lainnya. Cek selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Daftar Buah yang Bisa Bantu Naikkan Berat Badan

Apakah kamu termasuk orang dengan tubuh sangat kurus? Jika ya, kamu sebaiknya jangan kepalang senang. 

Sama halnya seperti obesitas atau berat badan berlebih, tubuh terlalu kurus (underweight) juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan, seperti penyakit infeksi, osteoporosis, dan gangguan kesuburan.

Oleh karena itu, orang dengan indeks massa tubuh (IMT) di bawah 18,5 sebaiknya segera melakukan perubahan gaya hidup guna meningkatkan bobot tubuhnya.

Perubahan gaya hidup yang dimaksud, termasuk memperbaiki pola makan. Salah satu makanan yang bisa dipilih untuk membantu meningkatkan berat badan adalah buah-buahan.

Berikut ini beberapa buah penambah berat badan yang bisa kamu konsumsi untuk menambah bobot tubuh agar tak lagi underweight:

1. Pisang

Pisang adalah pilihan buah untuk meningkatkan berat badan yang mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. 

Sebuah pisang berukuran sedang (118 gram) mengandung sekitar 105 kalori dan 0,4 gram lemak. Buah berkulit kuning ini juga mengandung serat dan berbagai nutrisi lain, yang bisa membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Artikel Lainnya: Belasan Manfaat dalam Buah Pisang

2. Alpukat

Alpukat menjadi sumber lemak baik yang bisa membantu meningkatkan berat badan. 

Setengah buah alpukat mengandung sekitar 161 kalori dan 15 gram lemak.  Buah ini juga kaya vitamin dan mineral, termasuk kalium serta vitamin K, C, B5 (asam pantotenat), dan B6 (piridoksin). 

3. Kelapa

Daging buah kelapa juga dianggap efektif untuk membantu meningkatkan berat badan. 

Dalam 28 gram daging kelapa terdapat 99 kalori dan 9,4 gram lemak. Bagian putih dari kelapa ini juga mengandung banyak mineral penting, termasuk fosfor dan tembaga. 

4. Mangga

Mangga seberat 165 gram mengandung 99 kalori dan 0,6 gram lemak. Dengan kndungan tersebut, buah ini juga tergolong dapat membantu meningkatkan berat badan, khususnya jika kamu underweight.

Meski begitu, kamu perlu waspada dengan kadar gula dalam buah mangga. Jika kamu menderita diabetes, konsumsi mangga harus dibatasi agar tak menyebabkan lonjakan gula darah.

5. Kurma

Ilustrasi Kurma

Sebutir kurma mengandung sekitar 66,5 kalori dan 0,1 gram lemak. Buah ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi guna meningkatkan berat badan.

Namun, sama halnya seperti mangga, buah kurma juga punya kandungan gula tinggi. Artinya, porsi konsumsinya tetap harus dibatasi agar tidak berlebihan. 

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

6. Plum Kering

Satu porsi buah plum mengandung 67 kalori dan 0,1 lemak. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung 18 gram karbohidrat yang bisa membantu meningkatkan berat badan. 

Selain itu, kandungan serat dalam buah plum dapat pula menyehatkan pencernaan dan meringankan keluhan konstipasi atau sembelit.

7. Aprikot Kering

Selain menjadi sumber kalori yang baik, aprikot kering mengandung beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin untuk mendukung kesehatan mata. 

Seporsi aprikot kering (28 gram) mengandung 67 kalori, 18 gram karbohidrat, dan 0,1 gram lemak. 

8. Nanas

Dalam satu porsi buah nanas terkandung sekitar 84 gram kalori. Tak heran, buah ini menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menambah berat badan. 

Di samping itu, nanas juga mengandung vitamin C tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu. 

9. Kismis

Seporsi kismis (28 gram) mengandung sekitar 85 gram kalori, 22 gram karbohidrat, dan 0,1 gram lemak.

Dalam upaya meningkatkan berat badan, buah ini bisa dikonsumsi sebagai camilan atau ditambahkan sebagai campuran smoothie

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kismis untuk Jaga Kesehatan Ibu Hamil

10. Buah Ara Kering

Dalam 28 gram buah ara kering terkandung sekitar 70 kalori, 0,3 gram lemak, dan 18 gram karbohidrat. 

Karenanya, buah yang punya nama lain fig ini dapat membantu meningkatkan berat badan pada orang-orang yang underweight apabila dikonsumsi secara rutin. 

11. Anggur

Satu cangkir anggur mengandung sekitar 104 kalori. Berkat kandungan tersebut, buah ini termasuk dapat menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin meningkatkan berat badan.

Tidak hanya itu, anggur juga punya kandungan antioksidan yang cukup efektif untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. 

12. Durian

Dalam 1 buah durian berukuran kecil (602 gram) terkandung 885 kalori, 32,1 gram lemak, 163,1 gram karbohidrat total, dan 22,9 gram serat. 

Berkat kandungan tersebut, buah durian dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan berat badan. 

Namun, kamu tetap harus membatasi porsi saat mengonsumsinya, mengingat buah durian memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. 

Itu dia deretan buah yang bisa menambah berat badan. Mana yang menjadi favorit kamu? Pastikan untuk tetap memperhatikan porsi saat mengonsumsinya, ya!

Agar lebih aman dan efektif dalam menambah berat badan, tak ada salahnya jika kamu ingin berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur tanya dokter online KlikDokter atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Berat Badanbuahmakanan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter