HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit
Diet dan Nutrisi

7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit

KlikDokter, 29 Mei 2014

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Masukan beberapa jenis makanan berikut ini dalam diet harian Anda maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari asupan makanan Anda!

7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit

Klikdokter.com - Manusia membutuhkan konsumsi makanan bervariasi dan kandungan nutrisi yang seimbang. Namun ada beberapa jenis makanan yang mudah didapatkan yang ternyata mengandung zat-zat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Sertakan beberapa jenis makanan ini dalam diet harian Anda maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari asupan makanan Anda! 

1.          Semangka

Buah merah kaya akan air ini juga ternyata mengandung antioksidan yang kuat, glutationGlutation ini dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga dapat melawan infeksi. Antioksidan ini banyak terdapat di bagian pinggir buah dekat kulit. Jadi, pastikan Anda menghabiskan semangka Anda hingga ke bagian dasar kulitnya ya! .  

Klik 'next' untuk selanjutnya.

Makanan untuk Menjaga Kesehatan

2.          Kol

Banyak mengandung glutamine, kol dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Seratnya juga dapat membantu proses pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

3.          Bawang putih

Bawang putih mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Agar berkhasiat, sebelum dimasak, kupas kulit dan potong bawang putih serta diamkan selama 15-20 menit agar enzim-enzim yang mengaktifkan zat-zat peningkat daya tahan tubuh teraktifkan. 

4.          Bayam

Bukan cuma Popeye yang menjadikan bayam makanan super. Dunia kesehatan juga menganggap bayam sebagai makanan super! Kandungan folatnya membantu tubuh memproduksi sel-sel baru dan memperbaiki DNA yang rusak. Kandungan serat, antioksidan dan vitamin C membantu tubuh tidak mudah sakit.

 

Klik 'next' untuk selanjutnya.

Makanan Bernutrisi untuk Daya Tahan & Kesehatan Anda

5.          Teh

Teh hijau atau teh hitam keduanya mengandung polifenol dan flavonoid yang merupakan antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak tubuh. 

6.          Ubi manis

Kandungan beta karotennya membantu tubuh membersihkan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan vitamin A dalam ubi manis juga memperlambat proses penuaan dan menurunkan risiko terjadinya kanker. 

7.          Brokoli

Vitamin A, vitamin C dan glutation dalam brokoli merupakan azt-zat yang membantu tubuh untuk tidak mudah sakit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](JF)

 

Ditulis oleh

dr. Jessica Florencia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

Makanan Tidak Mudah Sakit

Konsultasi Dokter Terkait