klikdokter.com
Selasa, 30 September 2014
<

Peningkatan Enzim Hati

dok saya mw bertanya kemarin perusahaan saya mengadakan mcu dan saya sudah mendapatkan hasilnya, disitu dinyatakan bahwa kadar enzim gpt dalam darah saya naik jadi 69 sementara rekomendasinya <50 apa kemungkinan saya terkena penyakit hati? apa yang harus saya lakukan? apa saya harus cek lebih lanjut? terima kasih



Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang enzim hati. SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis.  Lebih lanjut kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu:  

  •  SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan  suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

  •  SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati. 

     Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). Hasil SGOT dan SGPT yang normal belum tentu menandakan bahwa Anda bebas dari penyakit hati. Pada kasus penyakit hati yang kronik (menahun), misal akibat hepatitis B kronik atau hepatitis C kronik, dapat ditemukan kadar enzim SGOT dan SGPT yang normal atau sedikit meningkat. Pada infeksi hati yang kronik (menahun), sel hati secara perlahan-lahan mengalami kerusakan dan hal ini tidak dapat diketahui hanya dari pemeriksaan enzim hati di dalam darah. SGOT dan SGPT merupakan enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terukur di dalam darah. Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. 

Hasil SGPT yang tinggi juga perlu diinterpretasi berdasarkan waktu pemeriksaan darah. Apakah Anda memeriksakan darah setelah beraktivitas tinggi? SGPT juga dihasilkan oleh sel otot, ginjal dan jantung. Peningkatan SGPT dapat terjadi karena adanya masalah pada organ hati, empedu, jantung. SGPT umumnya merupakan salah satu skrining atau deteksi gangguan di hati. Peningkatan SGPT lebih dari 3x nilai normal dapat diindikasikan sebagai tanda adanya gangguan atau kerusakan di hati yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor di atas. Namun jika karusakan masih dalam kategori ringan, masih dapat disebabkan oleh berbagai penyebab lain, salah satunya adalah pelemakan hati. Apaah Anda memiiki riwayat diabetes? kolesterol tinggi? Coba diskusikan dengan dokter Anda untuk pemeriksaan langsung pada diri Anda dan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikna. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Sakit Kepala
Sakit Maag Kronis
Sesak dan Mual