klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Testis Kecil Sebelah & Penis Bengkok

dok saya mau tanya masalah testis(telor)kiri saya yg mengecil,dan penis saya yg bengkok ke kiri, apa penyebab nya ya dok ? apa pengaruh dan akibat nya dok ? trus bagaimana sousi dan pengobatan nya ? apa berpengaruh jg terhadap yg berkaitan dengan keturunan ? mohon di bantu dok, terimakasih.



Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Apakah keadaan ini sudah dari dulu? Atau baru muncul sekarang? Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Pernahkah Anda merasa nyeri berkepanjangan saat ataupun setelah orgasme? Apakah lubang kencing Anda tidak berada di ujung penis? Penyebab paling sering adalah Peyronie's Disease, yaitu sebuah keadaan terbentuknya lapisan jaringan fibrosa parut (plak) yang keras di bawah kulit pada bagian atas atau bawah penis. Ketika penis mengalami ereksi, jaringan parut tersebut menarik bagian penis tersebut sehingga terbentuk penis yang bengkok. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri saat ereksi. Pada pemeriksaan fisik dapat dirasakan adanya plak yang keras di bawah kulit sisi yang bengkok. Penyebab tersering keadaan ini adalah trauma pada penis.

Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan keadaan ini. Namun, banyak juga yang tidak diketahui penyebabnya. Faktor risiko keadaan ini adalah genetik (keturunan) atau keadaan lain yang serupa (jaringan yang mengeras sehingga menybebkan bengkok) pada tangan atau kaki (kontraktur Dupuytren). Penyebab lain dapat berupa striktur pada uretra (riwayat trauma saluran kemih) atau hipospadia.

 

Saya menyarankan agar Bapak berkonsultasi ke dokter spesialis urologi. Dokter tersebut dapat melakukan pemeriksaan secara lengkap, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan tambaha jika diperlukan. Pemeriksaan tambahan dapat berupa ultrasonografi penis untuk melihat struktur jaringan penis. Bedasarkan hasil pemeriksaan tersebut, dokter akan merencankan tatalaksana yang sesuai untuk keadaan Anda.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

Tim Redaksi Klikdokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Terapi Hipertiroidisme Dalam Kehamilan
Nyeri Dada Kiri
Menghilangkan Tanda Lahir?