klikdokter.com
Jumat, 01 Agustus 2014

Mengenai Diabetes

salam kenal dan salam sejahtera selalu... punten dok saya mau tanya tentang penyakit Diabetes yang ada dalam tubuh saya... kadar gulaku paling tinggi 300 dan paling rendah 180 tidaj jauh-jauh dari itu, tp kenapa berat badanku turun dratis dari 55-50.. apakah kadar kula yg ada dlm tubuh sy itu berbahaya? sebelumnya sy ucapkan banyak terima kasih, besar harapan sy agar dokter mau menjawab pertanyaan dari sy.. wasallam wasam



 Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Pertama saya jelaskan dulu sedikit mengenai diabetes. Diabetes melitus tipe 2 (yang didapatkan saat dewasa) merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan kadar gula di dalam darah. Kenapa bisa seperti ini? Biasanya saat kita makan glukosa (nasi, gula, roti, dsb) ada hormon yang dinamakan insulin keluar dan berfungsi memasukkan glukosa ke dalam sel. Nah, diabetes itu terjadi karena hormon insulin ini tidak sensitif lagi terhadap kenaikan kadar glukosa, jadi glukosa akan beredar saja di darah dan tidak bisa masuk ke sel. Oleh karena tidak masuk ke dalam sel maka sel akan lelah karena tidak ada energi, yang bisa diatndai dengan berat badan yang turun.

Kadar gula darah sewaktu sebesar 300 menunjukkan angka yang berbahaya bu. Untuk kadar gula yang pernah mencapai 300 berarti Ibu sudah menderita diabetes, jadi insulin ibu sudah tidak sensitif lagi untuk memasukkan glukosa ke dalam sel. Bila keadaan glukosa yang tinggi ini tidak diobati maka dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti gangguan pada ginjal, pada mata, pada jantung, dan pada seluruh pembuluh darah di tubuh.

Sebaiknya Ibu konsultasi dengan dokter penyakit dalam dulu untuk mendapatkan pengobatan. Kami sarankan juga agar Ibu melakukan pemeriksaan lain seperti HbA 1c, dimana pemeriksaan ini menunjukkan rata-rata gula darah Ibu selama 3 bulan. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Nyeri Tulang
Bintil Pada Kelamin
Perubahan Rhesus