klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

Masih Perawankah?

Dok, saya mau tanya.. apakah memasukkan jari telunjuk skitar 2 ruas jari kedalam vagina perempuan (maaf)dapat menyebabkan seseorang tidak perawan lagi,, sekian terima kasih



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Himen merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan.

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Jadi sulit untuk membedakan. Karena itu konsep yang dapat digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. 

Untuk mengetahui apakah himen masih utuh atau tidak dapat dilakukan dengan pemeriksaan langsung oleh bidan/dokter. Sebaiknya tidak melakukan hubungan seks di luar nikah, selain melanggar norma agama juga dapat meningkatkan risiko penyakit menular seksual, termasuk HIV/AIDS.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DK)

Terimakasih.

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Nyeri Pinggang Menjalar ke Paha
Masih Perawankah?
Pasca Stroke