klikdokter.com
Minggu, 21 September 2014
<

Selangkangan Hitam dan Gatal

Saya dulu mantan atlit bela diri. Pernah mengalami lecet pada kulit selangkangan karena gesekan dengan pakaian seragam latihan yg bahannya kasar dan kurang terjaga kebersihannya. Saya juga memiliki paha yg bisa dibilang besar. Pertama kali saya mengalaminya sekitar 9 tahun yang lalu. Rasanya gatal sekali. Saya hanya mengobatinya dengan bedak dan salep anti jamur. Hingga sekarang hanya meninggalkan bekas hitam dan gatal nya jugasudah berkurang. Gatalnya akan timbul bila dalam keadaan panas dan berkeringat. Yang saya tanyakan apakah penyakit ini akan menular ke istri jika saya menikah nanti??? Bagaimana solusi dan obat terbaik untuk menyembuhkannya? Bisakah saya sembuh total dan tidak merasa gatal lagi walaupun cuaca sedang panas. Terimakasih atas tanggapannya...



Saudara yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Dan juga dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi.

Infeksi jamur yang belum sembuh dan kronis juga dapat memberikan gambaran kehitaman, dan seringkali tidak terlalu gatal atau hanya gatal pada saat berkeringat saja.

Jika keluhan Anda merupakan infeksi jamur kronis, maka Anda memerlukan pengobatan yang sesuai untuk infeksi jamur. Jika ukurannya cukup luas, maka selain obat oles, dokter akan memberikan Anda obat minum untuk membantu penyembuhan. Pengobatan infeksi jamur biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, dapat mencapai 2-4 minggu. Setelah keluhan menghilang pun, Anda perlu melanjutkan pengobatan selama 2 minggu untuk mengurangi kemungkinan kambuh.

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Keluar Cairan Dari Penis
Benjolan di Selangkangan
Nyeri Punggung