klikdokter.com
Jumat, 01 Agustus 2014

Perhitungan Kalori Makanan

bagaimana cara mengatur asupan gizi yang baik? bagaimana menghitung jumlah kalori dalam tiap2 makanan yang kita santap? menurut kalkulator kalori, jumlah kalori yang saya perlukan 866.25kal. bagaimana cara perhitungannya? bisakah saya mendapatkan contoh menu dan resep yang sesuai dengan kebutuhan kalori saya? terima kasih.



Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertama saya ingin memuji anda atas perhatian anda yang terhadap makanan yang akan anda makan. Izinkan saya menjelaskan tentang perhitungan kalori. Jumlah kalori tersebut dapat dibagi menjadi lebih kurang seperti berikut: 30% untuk makan pagi, 40-50% makan siang, dan 20-30% makan malam. Untuk mengetahui jumlah kalori dari makanan yang Anda konsumsi , Anda dapat melihat buku referensi. Terdapat buku menu yang menunjukkan jumlah makanan yang dikonsumsi setara dengan berapa kalori dari setiap makanan. 

Pada prinsipnya: 
1 gram karbohidrat (nasi, roti, ubi) ~ 4 Kalori
1 gram protein (telur, ikan, daging, kacang) ~ 4 Kalori
1 gram lemak (minyak atau lemak daging) ~ 9 Kalori

Kami menyarankan untuk makan makanan yang seimbang. Makanan yang seimbang terdiri dari makanan sumber karbohidrat, protein, lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat 50-60% per hari, protein 15% sehari, dan lemak 30% sehari. Hindari konsumsi lemak jenuh seperti junk food dan dairy products karena tidak baik untuk kesehatan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Solusi Sulit BAB
Nyeri Haid
Lapisan Putih Mata Menebal