klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Saraf Kejepit

dok, bulan juni saya mengalami sakit panggul sampai dari pinggang ke bawah sakit dan tidak bisa digerakkan lagi..saya kira saya lumpuh.. saya kerumah sakit dan kt dokter sarafnya,,kakinya sudah tidak ad respon lagi.akhirnya saya dirawat..hasil rontgen tidak ada masalah dengan tulang panggul atau pinggang saya... kt dokternya kemungkinan ada saraf yang terjepit oleh otot... waktu itu sudah hampir tidak ada masalah..walau masih sakit2 dikit..tp skr saya sering sakit panggulnya bahkan sampai ke mata kaki..klo lagi kumat...panggul, lutut, betis sampai mata kaki sakit semua..g bs digoyang2 laghi..kr2 apa kambuh lago dok?bgmn biar sy bisa sembuh total??treatment apa yang harus saya kerjakan dok.. mohon infonya..terimakasih



Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti pasti keluhan tersebut mengganggu anda ya!


Kondisi yang anda ceritakan bahwa anda mengalami penjepitan saraf. Pada kondisi saraf terjepit, penanganan sangat bergantung pada derajat terjepitnya saraf. Apakah saraf sudah sangat terjepit atau belum. Jika keadaan saraf belum sangat terjepit maka selain pengobatan yang diberikan, biasanya juga perlu dilakukan terapi rehabilitasi medik (misal: senam, peregangan) untuk membantu mengurangi rasa nyeri, membantu memperbaiki posisi tulang belakang, meregangkan wilayah yang terjepit serta membantu agar otot-otot di sekitar wilayah persarafan yang terganggu tetap aktif. Terkadang juga diperlukan pemanasan (diatermi) untuk membantu mengurangi rasa sakit. 

Namun, pada kondisi saraf yang sudah sangat terjepit dan tidak dapat diatasi dengan obat-obatan dan terapi rehabilitasi medik, maka diperlukan tindakan operasi untuk melepaskan tekanan pada saraf. Namun tentu saja penjelasan yang saya berikan tidak bisa serta merta diterapkan pada kasus anda, karena penanganan setiap kasus berbeda.

Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan penanganan yang paling sesuai untuk Anda.

Semoga informasi ini membantu dan anda cepat pulih dari keluhannya ya! (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Sulit BAB Menjelang Menstruasi
Cara Menurunkan Berat Badan
Apakah Ini Depresi?