klikdokter.com
Jumat, 01 Agustus 2014

Skoliosis Thoracal

Assalamualaikum Dok, Saya mo tanya tentang penyakit Scoliosis Thoracal 1.Bagaimana cara pengobatan penyakit ini dok? (penderitanya ponakan saya usia 15th. telah d ronsen dengan hsl: Thoracal Convex ke kanan Thoracal tidak memipih, pedicle intak discus intervertebralis tidak menyempit, soft tisue baik.



Bapak/Ibu yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Skoliosis adalah tulang belakang yang membengkok ke samping. Skoliosis torakal artinya lokasi pembengkokan tulang belakang terletak di bagian dada. Skoliosis sebagian besar mulai disadari pada usia remaja dan terkadang disertai keluhan seperti nyeri punggung atau pegal yang tidak kunjung hilang ataupun tidak memiliki keluhan sama sekali.

Pilihan terapi akan sangat tergantung derajat skoliosis yang terjadi. Apabila cukup ringan (kurang dari 25 derajat), maka observasi saja cukup. Fisioterapi dan perbaikan postur tubuh juga dapat membantu mencegah skoliosis bertambah buruk.

Apabila derajat skoliosis lebih berat atau sudah menimbulkan keluhan, maka dapat dipertimbangkan penggunan orthosis (alat penyangga) ataupun operasi.

Kami sarankan keponakan Anda menemui dokter spesialis bedah tulang/orthopedi atau dokter rehabilitasi medik untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai derajat skoliosis yang dialami.

Berikut adalah artikel seputar Skoliosis:

Skoliosis

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Haid Tidak Teratur
Operasi Batu Empedu
Flek setelah KB Suntik