klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Pasca TB, Saat ini Nyeri Dada & Sesak Napas

Assalamualikum, selamat siang dok. saya mau bertanya, waktu umur saya 18 tahun saya di diagnosa terkena penyakit TBC, dan Alhamdullilah sudah selesai pengobatany dan ditanyakan bersih. tp Juni kemarin, saya di rawat di rumah sakit karena saya merasa dada saya sakit dan sesak nafas, serta tangan dan kaki menjadi kaku, stelah cek darah, rontgsen dan sebagainya,, katanya saya terkena dampak dari penyakit sebelumnya saja. kemudian 3 hari saya pulang. setelah pulang, kenapa saya sering merasa dada saya gak enak dan sering sesak nafas tiba". kalau menjelang subuh saya juga sering menggigil kedinginan (tanpa demam) disertai sakit di bagian dada, dan sesak nafas. apa mungkin bisa saya terserang TBC lagi, kalau memang iya, apa saya harus menggulang penggobatan lagi? terimakasih dok..



Bapak/Saudara yang kami hormati,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.


Penyakit TBC dapat kambuh kembali bila ternyata kuman TBC yang menginfeksi Anda adalah kuman yang resisten (kuman yang lebih kuat dan tidak dapat dibunuh dengan regimen obat biasa), pengobatan yang tidak teratur dan tidak tuntas, adanya penyakit lain, merokok, kebersihan yang kurang. Selain itu juga pada kondisi infeksi TBC sebelumnya yang terdapat banyak kavitas (lubang pada paru) lebih rentan untuk kambuh.

Bila penyebab kekambuhan adalah karena jenis kuman yang resisten maka perlu dilakukan tes sensitivitas untuk mengetahui jenis obat yang sesuai. Jika disebabkan karena faktor lain maka yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan.

Namun, terkadang mungkin saja seorang TBC bukan mengalami kekambuhan tetapi mendapatkan infeksi baru berulang dari sumber lain. Untuk itu hal ini perlu dikonfirmasi dengan wawancara medis lengkap, pemeriksaan langsung, dan pemeriksaan penunjang. Seharusnya saat Anda masuk RS peemriksaan ini sudah dilakuan. Bagaimana kesimpulan doter yang menangani Anda saat itu?

Sebelum kami melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Apakah Anda sudah dinyatakan sembuh TB sebelumnya melalui pemeriksaan laboratorium (dahak)? Apakah Anda merasakan nyeri di dada terutama pada saat menarik napas? Bagaimana sifat nyeri pada dada Anda? Kapan saja nyeri dada ini terasa? Adakah gejala-gejala lain yang dirasakan?

Saat ini sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami dengan informasi yang terbatas. Diperlukan juga pemeriksaan fisik untuk mengetahui kondisi yang Anda alami saat ini. Untuk itu hasil pemeriksaan rontgen paru Anda sangat perlu dikonfirmasi dengan gejala klinis yang Anda alami dan pemeriksaan fisik. Pada paru yang mengalami proses parut karena proses penyembuhan seharusnya tidak memerlukan penanganan, namun pada paru yang mengalami proses parut karena penyakit TB yang masih berlanjut maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

 

Nyeri dada dan sesak napas tidak selalu disebabkan oleh TB, akan tetapi dapat juga disebabkan oleh berbagai hal lainnya seperti infeksi saluran pernapasan lain atau bahkan kadang-kadang gastritis akbat asam lambung meningkat. Kami sarankan, Anda meminta penjelasan lengkap dari dokter spesialis yang menangani Anda di RS mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini dan mendiskusikan tindakan selanjutnya yang perlu Anda lakukan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat [SH]


Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Flek Hitam pada Wajah
HIV/AIDS pada Anak
Sering Minum Es, Berbahayakah?