klikdokter.com
Sabtu, 20 September 2014
<

Kencing Tidak Tertahankan

dok tolong sya dok??? sya kencing tak tertahankan trkadang sya mengahambat kencing, rasa nyeri di pinggang?? apakah penyakit ini sampai tua/ bisa d smbuhkan?? otot untuk kencing terasa kaku gitu dok?? gmna untuk merilexkan otot2 kencing???



Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah kencing yang tidak tertahankan. Berdasarkan informasi Anda, sering tidak dapat menahan kencing dapat merupakan tanda dari beberapa masalah. Namun diperlukan informasi lebih lengkap untuk dapat mengetahui masalah  yang Anda alami. Tidak dapat menahan berkemih dalam dunia medis disebut dengan urinary incontinence. Ini dapat merupakan tanda dari OAB (overactive bladder).

OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). 

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah pemeriksaan prostat, analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter spesialis urologi.

Setelah diketahui penyebab dari keluhan Anda, Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda, pilihan penanganan yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter 

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Jengger Ayam pada Kelamin
Keluhan Berkemih
Penanganan Demam Tifoid & DBD