klikdokter.com
Jumat, 29 Agustus 2014
<

Belum Haid Setelah Melahirkan

Menstruasi Pasca melahirkan (5 bulan yang lalu), sampai sekarang saya belum pernah menstruasi. Saya masih memberikan ASI pada anak saya. Setelah selesai masa nifas saya langsung memakai kontrasepsi (implan). Selama ini hanya cairan seperti flek-flek saja yang keluar, kalo pun ada darah itu hanya sedikit sekali dan hanya berlangsung 2 atau 3 hari saja. Apakah benar saya tidak akan menstruasi selama alat kontrasepsi (implan) tersebut masi terpasang...? mungkinkah saya bisa menstruasi lagi (selama memakai implan)...? berapa lamakah agar menstruasi saya bisa normal kembali...?



 Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Yang perlu dipastikan adalah apakah  Anda sedang hamil atau tidak. Apakah Anda sudah pernah memeriksa tes kehamilan (test pack) akhir-akhir ini? Bila benar tidak hamil, apakah makanan anak Anda adalah ASI saja atau hampir semuanya ASI? Bila ya, maka kemungkinan penyebab dari Ibu tidak menstruasi adalah karena faktor menyusui. Hal ini normal terjadi pada ibu yang masih menyusui secara aktif, di mana makanan anaknya dominan adalah ASI. Datangnya menstruasi setelah melahirkan memang dapat memanjang pada ibu yang masih menyusui. Ada juga yang dapat hingga 1 tahun, ada yang lebih lama lagi. 

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anaknya selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, hal tersebut memang wajar terjadi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif.

Seiring dengan bertambahnya usia anak, ibu akan mulai memberikan makanan tambahan lain sebagai pendamping ASI. Pemberian makanan lain itu akan mengurangi frekuensi isapan bayi pada payudara ibu, sehingga secara perlahan kesuburan ibu akan kembali, dan ibu akan mendapat menstruasi kembali.

 

Kami tetap menyarankan Anda untuk berkonsultasi ulang ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Tidak menstruasi saat menyusui secara aktif adalah hal yang normal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Muntah pada bayi
TBC
Wasir