klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Kadar Kreatinin Darah

Dok, mhn maaf sblmnya, krn saya tidak tahu pertanyaan ini harus masuk ke kategori mana. Begini dok, kadar creatinin sy dinyatakan 0,92 saat check-up. Katanya sudah mendekati batas tertinggi. Apa yang harus saya konsumsi untuk menurunkan creatinin itu dok? Trims.



Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kreatinin merupakan produk sisa metabolisme otot dan sebagian kecil dari konsumsi daging. Ginjal yang sehat memfilter kreatinin dan produk sisa lain dari darah untuk dibuang dengan urin. Bila ginjal tidak bekerja dengan baik, kreatinin dapat berakumulasi di dalam darah. 

Pemeriksaan kreatinin biasanya bersamaan dengan pemeriksaan kadar ureum darah. Ureum merupakan hasil akhir metabolisme protein yang juga dibuang melalui ginjal. Data ureum dan kreatinin digunakan untuk memperkirakan kecepatan penyaringan ginjal. 

Kadar kreatinin Anda adalah 0,92, masih di dalam rentang normal kadar kreatinin untuk pria yaitu 0,7-1,4 mg/dl. Seperti yang telah disebutkan di atas, kadar tersebut dapat dipengaruhi oleh massa otot dan aktivitas Anda. Tidak ada yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar tersebut. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Bintik di Kepala Penis
Efek Samping KB Implan
Menghilangkan Jerawat