klikdokter.com
Selasa, 30 September 2014
<

Gigi Susu Tumbuh Berapa Kali?

Pagi dok, anak sy berusia 26bln, gigi atasnya menggeripis, sbenarnya untuk gigi susu itu bisa tumbuh brp kali ya dok? kok ada yg bilang bisa 2kali? terus kalau umpama gigi anak sy klo tanggal di usia beberapa bln ini kira2 bisa tumbuh lagi usia brp? sama termasuk gigi tetap apa gigi susu nanti yg tumbuh? makasih jawabannya



Ibu yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.
Gigi manusia tumbuh dalam dua periode yaitu gigi susu yang tumbuh pertama kali, dan akan digantikan dengan gigi tetap. Dari keterangan Anda, saya berasumsi bahwa gigi atas yang rusak tersebut adalah gigi depan, yang baru akan digantikan oleh gigi tetapnya saat anak berusia +/- 6 tahun. Meski akan digantikan oleh gigi tetap, gigi susu sangat penting untuk dijaga dan dipertahankan dalam kondisi sehat hingga tiba waktunya tanggal, karena gigi susu berperan sebagai panduan bagi arah pertumbuhan gigi tetap. Jika gigi susu tanggal terlalu dini maka gigi tetapnya akan kehilangan panduan saat akan keluar menembus gusi.

Penyebab utama kerusakan gigi susu terutama gigi depan adalah pemberian susu formula dalam botol, terutama menjelang anak tidur. Air susu, terlebih jika ditambahkan gula, akan menggenang di permukaan gigi susu anak sepanjang malam. Hal ini sangat kondusif bagi pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang/grepes. Artikel mengenai gigi susu anak sudah pernah dimuat di situs kami dan dapat Anda akses dengan mengklik link berikut:

1. http://m.klikdokter.com/detail/read/18/240/perilaku-ibu-tentukan-kesehatan-gigi-anak#.UdllCqwbPIU
2. http://www.klikdokter.com/gigimulut/read/2010/09/28/296/pentingnya-merawat-gigi-susu-pada-anak

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Apabila masih ada yang ingin Anda tanyakan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.

Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Cepat berhubungan
Jerawat
Nyeri dada kiri