klikdokter.com
Jumat, 19 September 2014
<

Jerawat

dokter,saya sejak hamil 8bulan wajah mulai berjerawat dan sekarang setelah melahirkan jerawat saya bertambah parah dihampir semua wajah dan bahkan beberapa dibadan saya.setiap jerawat kering mulai muncul jerawat baru.jerawat itu sangat mengganggu saya.karena sakit sekali ketika muncul.saya sudah menggunakan pembersih dan pelembab yang untuk mengatasi jerawat,tp tidak berkurang sama sekali jerawatnya.apakah yang harus saya lakukan dan obat apa yang aman saya gunakan apalagi saat ini saya sedang menyusui.



 Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

 

Penyebab jerawat dapat berbagai macam hal seperti :

  • Stress

  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif

  • Keturunan dari orangtua

  • Bakteri di pori-pori kulit

 

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Kami sertakan artikel yang berjudul Jerawat dan Lupakan Obat Luar untuk Basmi Jerawat.

Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda dan mengetahui kondisi kulit Anda serta mendiskusikan pilihan-pilihan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah Anda.

Anda perlu bersabar dan sebaiknya tidak berganti-ganti dokter, serta memperhatikan pemicu-pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat agar dapat menghindarinya.

 Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (NO)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait

Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Anak Cacingan?
Keputihan
Ingin turun berat badan