A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 278

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/tanyadokter.php

Line Number: 282

Gigi Gingsul - Tanya Dokter
klikdokter.com
Sabtu, 30 Agustus 2014
<

Gigi Gingsul

Dokter yang saya hormati, Gigi saya yang di rahang bawah gingsul atau tumpuk pada bagian gigi taring sebelah kiri. Jadi,saya punya 2 buah gigi taring di rahang bawah sebelah kiri. Satu gigi taring yang di depan tumbuh normal dan rata dengan gigi lainnya. Sementara itu, gigi taring lainnya tumbuh di belakang dan lebih besar dan lebih tinggi melebihi gigi taring yang depan. Hal tersebut membuat saya kurang percaya diri kalau bicara di depan orang, karena seringkali gigi taring yang belakang tersebut keliatan. Nah, gimana dok, apakah gigi taring belakang tersebut bisa dicabut? Adakah resiko terhadap bagian tubuh yang lain jika gigi tersebut dicabut? Terima kasih sebelumnya



Sdr. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.
Pertama-tama perlu dipastikan terlebih dulu apakah Anda memang memiliki dua gigi taring, karena hal itu cukup jarang terjadi. Kemungkinannya adalah salah satu gigi taring merupakan gigi susu yang hingga saat ini masih bertahan di dalam mulut (disebut gigi sulung persistensi) karena gigi tetapnya tumbuh di luar lengkung rahang (di belakangnya).. Kemungkinan lainnya adalah salah satu gigi yang bertumpuk adalah gigi premolar, yang sering disebut oleh awam sebagai gigi geraham kecil. Jika kedua gigi masih dalam kondisi baik dan sehat, sebaiknya gigi tersebut dipertahankan dan tidak dicabut. Terutama gigi taring, karena gigi taring sangat penting untuk menentukan sudut lengkung rahang.

Untuk menentukan rencana perawatan, gigi Anda perlu diperiksa secara keseluruhan, dan perlu beberapa pertimbangan sebelum memutuskan apakah gigi tersebut perlu dicabut atau tidak. Jika dilakukan sesuai prosedur, pencabutan gigi tidak akan membahayakan tubuh, namun tentunya kehilangan gigi akan berdampak pada fungsi pengunyahan secara jangka panjang.  Alternatifnya adalah merapikan susunan gigi Anda dengan perawatan orthodontik (kawat gigi/behel). Oleh karena itu saya sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter gigi di tempat Anda berdomisili.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada pertanyaan yang ingin Anda ajukan, silakan kirimkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi kami.

Drg. Martha Mozartha, M.Si
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

Ditulis oleh:

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Masa Subur & Haid Tak Teratur
Sakit Gigi saat Hamil
Bronkitis dan Hepatitis