klikdokter.com
Kamis, 24 Juli 2014

Kapan Tes Kehamilan?

Dok, kapan sebaiknya melakukan test kehamilan ( kapan kehamilan bisa terdeteksi ) ?? Terakhir Saya Haid tgl 12 mei 2013,siklus haid saya selama ini teratur 26hari, dan sampai hari ini tgl 12 Juni 2013 aya belum Haid..apakah haid terlambat dihitung dari tgl 12 Juni 2013 atau klau menurut siklus haid tgl 9 Juni 2013 ??? Terimakasih Dok.



Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Test Pack adalah suatu alat untuk mendeteksi kehamilan berdasarkan hormon B-HCG yang dihasilkan ketika seorang wanita hamil. B-HCG akan terdeteksi pada 8 hari setelah konsepsi (pembuahan sel telur oleh sel sperma) atau sekitar 1 minggu sebelum periode menstruasi berikutnya. Namun B-HCG saat ini (8 hari pasca konsepsi) hanya terdeteksi pada 5% wanita. Kebanyakan wanita akan positif pada hari ke 11-12 pasca pembuahan. 

Bila Ibu melakukan test  pack pada 7 hari pasca pembuahan atau 1 minggu sebelum menstruasi berikutnya, maka kemungkinan positif hanya 5% karena kadarnya kemungkinan masih 5 IU/L. Namun karena levelnya yang akan terus meningkat, maka Ibu dapat melakukan test pack kembali pada 11-12 hari post konsepsi. Semakin lama Ibu menunda melakukan test pack (contoh: ketika 1 bulan telat haid) maka akan semakin besar kemungkinan Ibu positif (bila Ibu memang hamil). 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Sariawan
Flek dan IUD
Gigi Depan Tanggal karena Jatuh