klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

KB Spiral

Dok... sya mo nanya, sya sdh memakai spiral sejak setelah melahirkan ank pertama (2008) smp saat ini msh sya gunakan...sya ingin melepas spiral ini tp sya blom ingin hamil lg yg ingin sya tanyakan seberapa besar kemungkinan begitu lepas spiral sya lgsg bs hamil lg?!! & kira2 untuk menunda kehamilan sya harus menggunakan alat ato sistem yg bagaimana.. klo seandainya spiral ini g d lepas kira2 bs smp brp lama lg kegunaan/fungsinya? trima kasih ..



Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Jenis KB spiral atau IUD sebenarnya bermacam-macam sehingga waktu pemakaiannya pun tergantung jenis yang Anda pakai. Secara umum, pemakaian KB spiral atau IUD biasanya dianjurkan diganti antara 5-10 tahun, tergantung jenis alatnya. Sehingga berdasarkan cerita Anda, mungkin ada baiknya Anda kontrol KB ke dokter kandungan atau bidan pada tahun ini untuk memastikan penggantian KB Anda. 

Adapun KB spiral tidak memiliki efek mengurangi kesuburan, sehingga segera setelah dilepaskan tingkat kesuburan Anda akan kembali normal, sehingga kemungkinan hamil lagi pun akan sangat besar.

Mengingat hal ini, maka untuk menunda kehamilan sebaiknya Anda melanjutkan dengan KB sesudah melepaskan KB spiral yang saat ini Anda gunakan. Mengenai jenis KB yang sebaiknya Anda gunakan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan atau bidan di sekitar Anda. Hal ini karena pemilihan KB merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan baik, lengkap dengan kondisi kesehatan Anda saat ini.

Berikut adalah link artikel terkait pertanyaan Anda:

http://klikdokter.com/sexandrologi/subpages/detail/20/7/kontrasepsi

http://klikdokter.com/sexandrologi/read/2010/07/05/28/mekanik

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. [SH]

 

Salam,

TIm Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Hasil Analisis Semen
Berdebar Setelah Makan
Perkiraan Masa Subur