klikdokter.com
Jumat, 19 September 2014
<

Alat Pencabut Komedo

Dok, apa benar rumor yang mengatakan kalo kita mencukur bulu maka nanti akan membuat bulu semakin lebat? lalu sebenarnya komedo itu boleh ga di pinch menggunakan alat untuk mencabut komedo? apakah ada efek negatif kalo menggunakan alat pencabut komedo



 Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

  1. Tidak benar dengan mencukur bulu akan membuat bulu semakin lebat. Mencukur bulu menyebabkan ujung bulu tumpul. Ujung bulu ini dapat terasa lebih kasar untuk sementara waktu saat tumbuh kembali. Selama fase ini, bulu dapat terlihat lebih gelap atau lebat. 
  2. Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik. Karena itu, cara paling tepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan fasial  (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali. Kami sarankan agar anda melakukan fasial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih. Selain itu, hindarilah makan makanan yang banyak mengandung lemak, bersihkanlah wajah secara rutin 2x/hari. Alat pencabut komedo mudah digunakan, namun bila dipakai tanpa memperhatikan kebersihan dari alat tersebut, dapat menjadi faktor risiko infeksi pada kulit. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

dokter Ditulis oleh:

dokter

Anggota Redaksi Medis

Klikdokter.com



 
Artikel Terkait

Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Emulsi 471 (2)
Bahan Tambal Sementara
Berhenti Obat Diabetes